ANALISIS STABILITAS TEGANGAN SISTEM 150 KV DENGAN STATIC VAR COMPENSATOR (SVC) MENGGUNAKAN ETAP

MUTIA, MITA and Hafidz, Mohammad (2018) ANALISIS STABILITAS TEGANGAN SISTEM 150 KV DENGAN STATIC VAR COMPENSATOR (SVC) MENGGUNAKAN ETAP. Diploma thesis, ITPLN.

[thumbnail of PDF SKRIPSI.pdf] Text
PDF SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Dikarenakan perubahan beban pada sistem tenaga listrik dan letak gardu induk yang jauh dari pembangkit menyebabkan terjadinya jatuh tegangan (drop voltage) yang cukup signifikan dan menimbulkan rugi-rugi daya yang besar. Masalah tersebut dapat diatasi dengan menggunakan FACTS, diantaranya Static Var Compensator (SVC) yang dapat meningkatkan keandalan transfer daya ke beban dengan mengatur parameter-parameter didalamnya. Pada penelitian ini SVC digunakan untuk mengurangi rugi-rugi daya transmisi dan mengatasi masalah penurunan level tegangan. Metode yang digunakan adalah simulasi aliran daya Newton-Raphson sebelum pemasangan SVC untuk mencari bus-bus yang kritis, Kemudian mencari aliran daya setelah pemasangan SVC menggunakan ETAP pada bus-bus yang kritis tersebut. Pada hasil simulasi aliran daya diperoleh bus yang kritis yaitu bus Jember, Banyuwangi dan Genteng. Dan pemasangan SVC menaikkan tegangan pada bus tersebut sebesar 1.9 kV pada Bus Jember, 3.4 kV Bus Banyuwangi dan 3.3 kV Bus Genteng. Dan dapat mengurangi rugi daya dari 11182.7 kW menjadi 10084.9 kW.

Due to changes in the load on the electric power system and the location of the substations that are far from the power plant causing a significant drop in voltage and causing large power losses. This problem can be overcome by using FACTS, including Static Var Compensator (SVC) which can increase the reliability of power transfer to the load by adjusting the parameters in it. In this study SVC is used to reduce transmission power losses and overcome the problem of voltage drop. The method used is Newton-Raphson power flow simulation before installing SVC to search for critical buses, then look for power flow after SVC installation using ETAP on these critical buses. In the simulation results, the power flow obtained is a critical bus, namely the Jember, Banyuwangi and Genteng buses. And SVC installation increases the voltage on the bus by 1.9 kV on Jember Bus, 3.4 kV Banyuwangi Bus and 3.3 kV Tile Bus. And can reduce the power loss from 11182.7 kW to 10084.9 kW.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Static Var Compensator (SVC), Jatuh Tegangan (drop voltage), Rugirugi Daya, FACTS. Static Var Compensator (SVC), Voltage Drop, Power Loss, FACTS.
Subjects: Skripsi
Bidang Keilmuan > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Sudarman
Date Deposited: 19 Nov 2025 16:26
Last Modified: 19 Nov 2025 16:26
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/3957

Actions (login required)

View Item
View Item