ANALISA PERLINDUNGAN TEGANGAN LEBIH SURJA PETIR PADA KERETA REL LISTRIK LINTAS TANAH ABANG - KEBAYORAN

RAMOT, ASRIIL LUKMAN and Soewono, Soetjipto (2017) ANALISA PERLINDUNGAN TEGANGAN LEBIH SURJA PETIR PADA KERETA REL LISTRIK LINTAS TANAH ABANG - KEBAYORAN. Diploma thesis, ITPLN.

[thumbnail of SKRIPSI ASRIIL LUKMAN RAMOT (2012-11-195).pdf] Text
SKRIPSI ASRIIL LUKMAN RAMOT (2012-11-195).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Standar suatu transportasi adalah dapat menjamin keselamatan, memberikan kenyamanan dan pelayanan yang memuaskan. Jaringan listrik aliran atas PT. KAI melintang di udara terbuka sepanjang lintasan yang memiliki resiko yang tinggi terhadap bahaya sambaran petir langsung dan sambaran tidak langsung. Bila sambaran petir langsung jatuh pada jaringan listrik aliran atas Kereta Rel Listrik, maka akan timbul tegangan lebih dan dapat merusak peralatan. Gangguan tegangan lebih sering terjadi pada gardu listrik aliran atas yang biasanya disebabkan oleh surja petir/sambaran petir. Dalam pembahasan ini akan mengambil permasalahan tentang tegangan lebih akibat surja petir dimana tegangan lebih ini dibagi menjadi dua yaitu sambaran petir langsung yang mengenai struktur yang ada dalam jaringan kereta rel listrik beserta seluruh isinya, sedangkan sambaran petir tak langsung sangat sulit diidentifikasi dengan jelas karena petir yang menyambar pada satu titik lokasi jaringan kereta rel listrik, sehingga tegangan induksi yang menuju jaringan kereta rel listrik dapat merusak peralatan jaringan kereta listrik. Untuk memproteksi suatu gangguan sambaran petir langsung menggunakan peralatan yaitu kawat tanah/groundwire sedangkan gangguan sambaran petir tak langsung digunakan alat yaitu Arrester/lightining Arrester.

The standard one is able to ensure the safety of transport, providing comfort and outstanding service. Electricity network flow over PT. KAI transversely in the open air along the path that has a high risk to the danger of a direct lightning strike and indirect lightning. When lightning strikes fell on power lines upstream of Light rail, then there will be more stress and can damage equipment. Stress disorders are more common in electric substations overhead stream is usually caused by lightning surge / lightning strike. In this discussion would take the issue of over-voltage due to surge lightning where more voltage is divided into two direct lightning strike is about the structure of the existing network of electric train and all its contents, while a lightning strike indirect extremely difficult to identify clearly due to lightning snatched at one point of the electric train network location, so that the induced voltage leading electric train network can damage electrical equipment rail network. To protect a direct lightning strike disruption using equipment that is the ground wire / groundwire while indirect lightning strike disruption to-use tool that is Arrester / lightining Arrester.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Surja Petir, Kereta Rel Listrik, Gardu Listrik Aliran Atas Lightning Surge, Electric Train, Electricity Substation Flow Over
Subjects: Skripsi
Bidang Keilmuan > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Sudarman
Date Deposited: 21 Nov 2025 01:56
Last Modified: 21 Nov 2025 01:56
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/4003

Actions (login required)

View Item
View Item