ANALISIS FINANSIAL DAN KEANDALAN PEMANFAATAN FOTOVOLTAIK UNTUK MENGATASI JATUH TEGANGAN LISTRIK ALIRAN ATAS KRL STASIUN DURI - TANGERANG

Hanif, Muhammad Ridhwan and Paryoto, Djoko (2017) ANALISIS FINANSIAL DAN KEANDALAN PEMANFAATAN FOTOVOLTAIK UNTUK MENGATASI JATUH TEGANGAN LISTRIK ALIRAN ATAS KRL STASIUN DURI - TANGERANG. Diploma thesis, ITPLN.

[thumbnail of 1 Skripsi full.pdf] Text
1 Skripsi full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kereta Rel Listrik (KRL) merupakan salah satu pilihan alat transportasi massal dalam jumlah yang besar yang ketepatan waktunya lebih bisa diperkirakan daripada alat transportasi lain. Keberadaan KRL sangat membantu meminimalisir kemacetan yang terjadi karena banyaknya transportasi pribadi. KRL digerakkan oleh motor listrik yang disuplai dari Listrik Aliran Atas (LAA) 1500V DC. LAA yang tersambung sepanjang jalur lintasan KRL akan menimbulkan jatuh tegangan karena jarak penghantar yang jauh. Oleh dari itu diperlukan suplai tegangan dari beberapa transformator pada jarak tertentu untuk menjaga tegangan yang menjadi penggerak utama dari motor listrik. Jatuh tegangan pada beberapa titik dapat ditutup dengan memanfaatkan energi listrik fotovoltaik yang lebih ramah lingkungan. Energi fotovoltaik juga dapat mengurangi konsumsi energi listrik dari pasokan utama (PLN) sehingga biaya pengeluaran operasional KRL dapat diminimalisir serta menambah keandalan karena tidak tergantung pada 1 sumber. Pada skripsi ini akan dilaksanakan kajian dan analisis biaya menyangkut masalah keandalan jika menggunakan satu sumber dari PT.PLN dan sumber lain dari energi baru terbarukan yaitu fotovoltaik atau PLTS

Electric train (KRL) is one of mass transportation which has better punctuality than the other vehicles. The existence of KRL is very helpful to minimize traffic jam that occurs because of personal transportation. KRL is driven by an electric motor which is supplied from the overhead contact system (LAA) using 1500 V DC. LAA which connected along the trajectory path of KRL will cause drop-out voltage due to the far distance conductor. Therefore, supply voltages of several transformers at a certain distance is needed to keep the main voltage of the electric motor. The drop-out voltage at some point could be covered by photovoltaic as renewable electric energy. Photovoltaic energy could also reduce the consumption of electric energy from the main supply (PLN). So that, the costs could be minimized and the operational reliability of KRL could be increased because it does not depend on one source only. In this thesis, it will be carried out a comparative study about financial and reliability analysis regarding to operational of KRL when using a single source from PT. PLN and photovoltaic.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: KRL, Jatuh tegangan, Fotovoltaik Electric Train, Drop-out Voltage, Photovoltaic
Subjects: Skripsi
Bidang Keilmuan > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Sudarman
Date Deposited: 21 Nov 2025 05:45
Last Modified: 21 Nov 2025 05:45
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/4029

Actions (login required)

View Item
View Item