Mingkas, Nurul Fadhilah Murti and Agtriadi, Herman Bedi and Azizah, Rosalia Nur (2017) Implementasi Metode Fuzzy Logic Pada Aplikasi Pemasaran Produk Berdasarkan Skala Prioritas Di PT. Munira Setia (MS). Diploma thesis, STT PLN.
Penulisan Nurul Fadhilah Murti M.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
PT. Munira Setia is a company that provides various products such as shrimp crackers, Javanese sugar, brown rice and others. In conducting its business activities, PT. Munira faithfully does product marketing to Retail Shop. One of the factors determining the smoothness of the process of marketing the product to the customer is the availability of stock. Uncertain order demand from customers becomes a problem in determining the amount of stock that must be provided. However, due to the number of diverse products and the absence of information systems that can help, the stock count is not done for the entire product. Stock calculations are only performed on products that are fast sold or high demand levels.
Based on the problems and needs of PT. Munira Setia to be able to know the optimal amount of stock so as to support the marketing of the product, it is proposed System design that can calculate the stock needs by using Fuzzy Logic method. In this application not only calculate the needs of the stock, but also can serve to record customer demand data and production data. Based on these data, the system can perform the calculation of stock analysis, resulting in stock recommendations needed. It is expected that this system can simplify the process of calculating the needs of the stock, so that the marketing process to customers can achieved well.
PT. Munira Setia merupakan perusahaan yang menyediakan berbagai macam produk seperti kerupuk udang, gula jawa, beras merah dan lain-lain. Dalam melakukan kegiatan bisnisnya, PT. Munira setia melakukan pemasaran produk ke Toko Retail. Salah satu faktor penentu kelancaran proses pemasaran produk ke pelanggan adalah ketersediaan stok. Permintaan order dari pelanggan yang tidak menentu menjadi permasalahan dalam menentukan jumlah stok yang harus disediakan. Namun karena jumlah produk yang beraneka ragam dan belum adanya sistem informasi yang dapat membantu, maka pehitungan stok tidak dilakukan untuk keseluruhan produk. Perhitungan stok hanya dilakukan pada produk yang cepat terjual atau tingkat permintaanya tinggi.
Berdasarkan permasalahan dan kebutuhan PT. Munira Setia untuk dapat mengetahui jumlah stok yang optimal sehingga dapat menunjang pemasaran produk, maka diusulkan rancang bangun Sistem yang dapat menghitung kebutuhan stok dengan menggunakan metode Fuzzy Logic. Pada aplikasi ini tidak hanya menghitung kebutuhan stok, melainkan juga dapat berfungsi untuk mencatat data permintaan pelanggan dan data produksi. Berdasarkan data-data tersebut, sistem dapat melakukan analisisa perhitungan stok, sehingga menghasilkan rekomendasi stok yang dibutuhkan. Diharapakan sistem ini dapat mempermudah proses perhitungan kebutuhan stok, sehingga proses pemasaran kepada pelanggan dapat tercapai dengan baik.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Fuzzy Logic, Produksi, Pemasaran, Stok, Prioritas, Sistem Informasi Fuzzy Logic, Production, Marketing, Stock, Priority, Information System : ETAP , Overhead Line , Electric Current , Transmission |
| Subjects: | Skripsi Bidang Keilmuan > Teknik Informatika |
| Divisions: | Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika |
| Depositing User: | Sutrisno |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 04:13 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 06:37 |
| URI: | https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/4046 |
