ANALISIS STABILITAS OPRIT JEMBATAN DENGAN CONCRETE SHEET PILE DIAGONAL SELATAN BANDARA SOEKARNO HATTA

Handayani, Rosita and Kusumastuti, Dyah Pratiwi (2021) ANALISIS STABILITAS OPRIT JEMBATAN DENGAN CONCRETE SHEET PILE DIAGONAL SELATAN BANDARA SOEKARNO HATTA. Diploma thesis, ITPLN.

[thumbnail of ROSITA HANDAYANI_201721045.pdf] Text
ROSITA HANDAYANI_201721045.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pada pekerjaan konstruksi jembatan secara umum terbagi menjadi beberapa jenis yaitu pekerjaan bangunan bawah, pondasi, bangunan atas, landasan, jalan pendekat (oprit) dan pekerjaan parapet. Timbunan harus memenuhi ketentuan stabilitas, karena timbunan yang tidak stabil nantinya akan berbahaya terhadap lingkungan sekitarnya. Untuk mengatasi kegagalan pada timbunan oprit, maka akan direncanakan dinding penahan yang tepat. Tipe turap beton banyak digunakan sebagai dinding penahan karena memiliki keunggulan dalam hal waktu pekerjaan yang singkat dan mudah dikerjakan. Pada penelitian ini menggunakan 2 jenis turap beton yaitu CCSP dan FCSP. Dalam perhitungan digunakan turap kantilever sehingga didapatkan Mmax = 9,3677 ton.m dan panjang 13,5528 m. Sehingga direncanakan CCSP tipe W – 325 dan FCSP tipe FPC – 220 dengan panjang masing-masing turap 14 m. Berdasarkan analisis menggunakn software geoteknik didapatkan nilai defleksi turap 0,02125 m dengan faktor keamanan 2,841 menggunakan CCSP. Dan nilai defleksi turap 0,02849 m dengan faktor keamanan 2,860 menggunakan FCSP. Maka turap jenis CCSP yang digunakan dalam analisis, dengan defleksi turap 0,02125 m.

Bridge construction divided into several types of work, including foundation, upper building, bridge approach, and parapet-barrier. Bridge approach should qualify to stability requirements, because unstable it will be risky to the surrounding environment. To fix the failure of bridge approach will be planned the right retaining wall. Concrete sheet pile is used as retaining wall because it has the advantage in terms of short working time and easy working. In this research using 2 types of concrete sheet pile is CCSP and FCSP. In the calculation used cantilever sheet pile that has obtained Mmax = 9,3677 tons.m and length = 13,5528 m. So it planned with CCSP type W - 325 and FCSP type FPC - 220 and length of 14 m each. By analysis of geotechnic software obtained deflection value of 0,02125 m with a safety factor of 2,841 using CCSP. And deflection value 0,02849 m with safety factor 2,860 using CCSP. Thus CCSP type used in the analysis, with sheet pile deflection 0,2125 m.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Oprit, Analisis Stabilitas, Concrete Sheet Pile. Bridge Approach, Stability Analysis, Concrete Sheet Pile.
Subjects: Bidang Keilmuan > Teknik Sipil
Skripsi
Divisions: Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan > S1 Teknik SIpil
Depositing User: Sudarman
Date Deposited: 01 Sep 2025 08:23
Last Modified: 01 Sep 2025 08:23
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/407

Actions (login required)

View Item
View Item