Utomo, Arif Jati and Wulandari, Dewi Arianti and Jatnika, Hendra (2017) Implementasi Metode Simple Additive Weighting Untuk Penilaian Kinerja Admin E-helpdesk PT.Panasonic Gobel Indonesia. Diploma thesis, STT PLN.
Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
PT panasonic gobel indonesia especially in MIS department, which has a job desk to manage panasonic gobel indonesia's information system. this department usually had a difficulties in collecting complain trouble data and has a trouble in requesting. problems this department has are : complaint trouble reporting is done manually, there is no data record about cases that have been taken and solved and the respond for service requests are still slow. e-helpdesk is expected to help collecting complaint trouble data and also has an easiness in requesting a service quickly. a work rating method by using decission support system will be implemented in this system, simple additive weighting method will be used, where the amount of picked complaint trouble will be used a criteria 1 (C1), solved complaint trouble will be used as criteria 2 (c2), picked service request will be used as criteria 3(c3) and solved service request will be used as criteria 4(c4). the result of this method will determine admin with best performance.
PT. Panasonic Gobel Indonesia lebih tepatnya pada Departement MIS, yang bertugas memanagement sistem informasi PT.Panasonic Gobel Indonesia. Pada departemen ini sering kali mendapatkan kesulitan mendata complaint trouble dan memiliki masalah dalam pengajuan request yang berhubungan tentang tugas departemen tersebut yang berhubungan dengan tugasnya. Masalah yang dimiliki oleh departement tersebut antara lain : pelaporan complaint trouble yang masih manual dan tidak adanya record data mengenai case yang sudah diambil dan case yang sudah diselesaikan dan lambannya
respon dari pengajuan service request yang masih dilakukan manual. E-helpdesk diharapkan sangat membantu mendata complaint trouble dari setiap pengaduan dari yang manual dengan cara menghubungi via telepon menjadi tersistem dengan rapih dan memiliki kepraktisan dalam pengajuan service request dengan cepat. Dan setelah munculnya gagasan sistem ini munculah gagasan baru yang mana sistem ini bisa ditambahkan metode penilaian kinerja admin menggunakan
sistem pendukung keputusan dengan metode pembobotan kriteria yaitu Simple Additive Weighting, dimana kriteria yang dinilai adalah banyaknya Picked Complaint trouble sebagai C1, Solved Complaint trouble sebagai C2, Picked Service request sebagai C3 dan Solved Service request sebagai C4. Yang mana jika hasil dari perhitungan tersebut jika hasil yang mendekati atau sama dengan 1 adalah admin yang memiliki kinerja terbaik.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | helpdesk, decision support system, simple additive weighting helpdesk, sistem pendukung keputusan, simple additive weighting. |
| Subjects: | Skripsi Bidang Keilmuan > Teknik Informatika |
| Divisions: | Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika |
| Depositing User: | Sutrisno |
| Date Deposited: | 28 Nov 2025 03:51 |
| Last Modified: | 28 Nov 2025 03:51 |
| URI: | https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/4188 |
