Aplikasi Wawasan Kebangsaan Indonesia Dengan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android

Kridolaskono, Rifai and Asri, Yessy and Kuswardani, Dwina (2017) Aplikasi Wawasan Kebangsaan Indonesia Dengan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Diploma thesis, STT PLN.

[thumbnail of Penulisan-Skripsi-RIFAI (rev).pdf] Text
Penulisan-Skripsi-RIFAI (rev).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Wawasan Kebangsaan adalah cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya mengutamakan pertasuan dan kesatuan bangsa yang dilandasi oleh 4 pilar kabangsaan. Saat ini sebagian besar minat siswa-siswi yang duduk di Sekolah Dasar (SD) cenderung rendah, dikarenakan pandangan mereka mempelajari Wawasan Kebangsaan adalah pelajaran yang penuh dengan teori. Namun dengan adanya teknologi Augmented Reality diharapkan siswa-siswi akan lebih tertarik dalam mempelajari Wawasan Kebangsaan. Augmented Reality berfungsi untuk merealisasikan dunia virtual ke dunia nyata, menampilkan objek-objek gambar 2D menjadi objek 3D. Kombinasi dari teknologi ini memungkinkan penggabungan secara real-time antara konten virtual pada degan tampilan secara langsung pada video sehingga siswa dapat lebih mudah memahami materi yang diajarkan, membuat pembelajaran tidak monoton, lebih interaktif, karena siswa dapat menyentuh elemen-elemen digital tersebut. Penelitian dilakukan dengan metode Pengembangan Multimedia. Hasil yang diharapkan adalah berupa aplikasi Wawasan Kebangsaan berbasis Augmented Reality, bahan ajar pembelajaran berbasis Augmented Reality yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan Wawasan Kebangsaan bagi siswa Sekolah Dasar.

Nationality Insight is the perspective of Indonesian people of self and social manners accentuated in the unity of nationality based on four nationality pillars. Nowadays, most of elementary students tend to have low interest in studying nationality insight as the implementation of teaching itself conventionally based on theory. However, with the presence of Augmented Reality technology, students are expected to have more interest in studying it. Augmented Reality used to augment virtual world into real world, displays 2D into 3D objects. This technology combination enables real-time merging between virtual content and live video, as of learning, students will effortlessly understand the material, creating more captivating condition in the class, more interactive, as students can use this technology as mentioned. This research use the Media Cultivation method. The expected result will be developed as an application of Nationality Insight based on Augmented Reality, a teaching material which can be implemented to intensify the Nationality Insight for elementary students.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Nationality Insight, Augmented Reality, Smartphone, Android Wawasan Kebangsaan, Augmented Reality, Smartphone, Android
Subjects: Skripsi
Bidang Keilmuan > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Sutrisno
Date Deposited: 01 Dec 2025 01:02
Last Modified: 01 Dec 2025 01:02
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/4228

Actions (login required)

View Item
View Item