Penerapan Model Dinamik Probability Pendistribusian Kartu Sebagai Media Pembelajaran Permainan Olahraga Bridge

Grasella, Yessi and Sangadji, Iriansyah BM and Rusjdi, Darma (2017) Penerapan Model Dinamik Probability Pendistribusian Kartu Sebagai Media Pembelajaran Permainan Olahraga Bridge. Diploma thesis, STT PLN.

[thumbnail of LiveRecovery save of Skripsi Fix.pdf] Text
LiveRecovery save of Skripsi Fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dynamic Model Required Probability of card distribution as learning media of bridge sport game at Bridge Langkat Training Institute, North Sumatera. During this training or learning process of bridge sports games for beginners at the institute is done conventionally, both orally and in writing so that the trainer becomes difficult in terms of providing teaching materials or difficulty in teaching access. From the problems found, the authors make a system of card distribution calculations that trainers can use as a media of learning. The creation of this system using Bridge Composser as a software to display the card objects, bridge game contract and trick by trick in the game, Microsoft Visual Studio 2013 is used as software for manufacturing practice questions and Microsoft Office Excel is used as a software for card distribution calculation, As a final software to combine all the learning media objects that have been created by other software and will be equipped with the main menu page, menu material, distribution calculation menu and exercise menu. The method used in making this system is Probability. It is expected that this application can be useful for trainers as a media in giving lessons to beginners and with this application is also expected for beginner player more quickly understand and understand how to play bridge from previous system which only limited conventionally.

Diperlukan Model Dinamik Probability pendistribusian kartu sebagai media pembelajaran permainan olahraga bridge pada Lembaga Pelatihan Bridge Langkat, Sumatera Utara. Selama ini proses pelatihan atau pembelajaran permainan olahraga bridge bagi pemula (beginners) pada lembaga tersebut dilakukan secara konvensional, baik secara lisan maupun tulisan sehingga pelatih menjadi kesulitan dalam hal memberikan bahan ajar ataupun kesulitan dalam akses ajar-mengajar. Dari permasalahan yang ditemukan, penulis membuat suatu sistem perhitungan pendistribusian kartu yang dapat digunakan para pelatih sebagai media pembelajaran. Pembuatan sistem ini menggunakan Bridge Composser sebagai software untuk menampilkan objek-objek kartu, contract permainan bridge dan trick by trick dalam permainan, Microsoft Visual Studio 2013 digunakan sebagai sofware untuk pembuatan soal-soal latihan serta Microsoft Office Excel digunakan sebagai software untuk perhitungan distribusi kartu, sebagai final software untuk menggabungkan semua objek media pembelajaran yang telah dibuat oleh software lainnya dan akan di lengkapi dengan membuat menu halaman utama, menu materi, menu perhitungan distribusi dan menu soal latihan. Metode yang digunakan dalam pembuatan sistem ini adalah Probability. Diharapakan aplikasi ini dapat berguna bagi pelatih sebagai media dalam memberikan pelajaran kepada pemain pemula (beginners) dan dengan adanya aplikasi ini juga diharapkan agar pemain pemula lebih cepat paham dan mengerti cara bermain bridge dari sistem sebelumnya yang hanya berbatas secara konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kartu, Bridge, Probability Card, Bridge, Probability,
Subjects: Skripsi
Bidang Keilmuan > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Sutrisno
Date Deposited: 10 Dec 2025 03:36
Last Modified: 10 Dec 2025 03:36
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/4522

Actions (login required)

View Item
View Item