Dzhalila, Dzhillan and Aziza, Rosida Nur and Karmila, Sely (2017) Perancangan Aplikasi Analisis Butir Soal Secara Kuantitatif Dengan Pendekatan Klasik Sebagai Evaluasi Guru Dalam Penyusunan Butir Soal Yang Berkualitas (Studi Kasus SMP Negeri 10 Makassar). Diploma thesis, STT PLN.
Penulisan Skripsi Dzhillan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
This thesis discusses the application design of quantitative item analysis analysis with the classical approach as teacher evaluation in the preparation of quality items. The method used in quantitative item analysis is the classical approach. The classical approach is the process of studying the items through information from the students' answers to improve the quality of the items concerned by using classical theory. In the classical approach will be calculated the level of difficulty and distinguishing power of each question. The degree of difficulty is the ratio between the answerers correctly and the number of answerers. While the distinguishing power is the ability of a problem to distinguish between clever students and students who are less clever. The data used in this research is data about the subjects of class VII mathematics, student data and student answer data from the tested problem. The results of the item analysis will provide information to the teacher whether a question can be accepted, corrected or rejected altogether. It is expected that this application can assist teachers in doing quantitative item analysis with classical approach as teacher evaluation in the preparation of quality items.
Skripsi ini membahas tentang perancangan aplikasi analisis butir soal secara kuantitatif dengan pendekatan klasik sebagai evaluasi guru dalam penyusunan butir soal yang berkualitas. Metode yang digunakan dalam analisis butir soal secara kuantitatif adalah pendekatan klasik. Pendekatan klasik merupakan proses penelaahan butir soal melalui informasi dari jawaban siswa guna meningkatkan mutu butir soal yang bersangkutan dengan menggunakan teori klasik. Dalam pendekatan klasik akan dihitung tingkat kesukaran dan daya pembeda tiap soal. Tingkat kesukaran merupakan rasio antara penjawab soal dengan benar dan banyaknya penjawab soal. Sedangkan daya pembeda adalah kemampuan suatu soal untuk membedakan antara siswa yang pandai dengan siswa yang kurang pandai. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data soal mata pelajaran matematika kelas VII, data siswa dan data jawaban siswa yang dari soal yang telah diujikan. Hasil dari analisis butir soal akan memberikan informasi kepada guru apakah suatu soal dapat diterima, diperbaiki atau ditolak sama sekali. Diharapkan aplikasi ini dapat membantu guru dalam melakukan analisis butir soal secara kuantitatif dengan pendekatan klasik sebagai evaluasi guru dalam penyusunan butir soal yang berkualitas.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Grain Analysis, Quantitative Analysis, Classical Approach, Level of Difficultness, Distinguishing Power Analisis Butir Soal, Kuantitatif, Pendekatan Klasik, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda |
| Subjects: | Skripsi Bidang Keilmuan > Teknik Informatika |
| Divisions: | Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika |
| Depositing User: | Sutrisno |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 02:42 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 02:42 |
| URI: | https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/4576 |
