Pengembangan Aplikasi Metode Tanggap Persil Ragu (Metapor) Dengan Penerapan Haversine Formula Pada PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya

Purba, Yolanda Revada and Agtriadi, Herman Bedi and Praptini, Puji Catur Siswi (2017) Pengembangan Aplikasi Metode Tanggap Persil Ragu (Metapor) Dengan Penerapan Haversine Formula Pada PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya. Diploma thesis, STT PLN.

[thumbnail of fix.pdf] Text
fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Pada proses pengambangan ini telah dilakukan suatu analisis pada sistem Metapor berbasis website di PT. PLN(Persero) Disjaya. Pada sistem yang selama ini berjalan, website tersebut hanya dapat mengolah data pelanggan menunggak dan hasil kerja dari petugas tusbung(putus sambung), petugas SR (Sambung Rumah), dan petugas survei. Belum terdapat suatu fitur yang dapat melakukan pengawasan petugas tersebut secara terpusat. Selain itu, terdapat kendala yang dialami oleh petugas SR dalam melakukan pemasangan jaringan listrik baru yakni tidak adanya aplikasi yang dapat digunakan di lapangan dalam menentukan status calon pelanggan tersebut menunggak atau tidak. Selain itu, petugas survei tidak dapat mengetahui perkiraan jarak dengan lokasi target sehingga proses penagihan dan eksekusi dilakukan tanpa memperkirakan jarak pelanggan yang terdekat terlebih dahulu. Dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat membantu petugas tusbung, petugas SR, dan petugas survey dalam melakukan tugasnya di lapangan serta dibutuhkan suatu fitur yang dapat mengawasi petugas – petugas tersebut secara terpusat.. Oleh karena itu dibangun suatu pengembangan pada website Metapor untuk sistem pengawasan terpusat dan merancang bangun aplikasi android untuk membantu petugas bekerja di lapangan dimana diterapkan haversine formula untuk dapat menentukan perkiraan jarak antara petugas dan pelanggan menunggak. Sehingga ke depannya dapat mempermudah sistem pengawasan dan pekerjaan petugas lapangan

In this process of mining has done an analysis on the system Metapor-based website at PT. PLN (Persero) Disjaya. In the system that has been running, the website can only process customer data in arrears and the work of officers tusbung (disconnect), SR (Sambung Rumah), and survey officer. There is not yet a feature that can monitor the officers centrally. In addition, there are obstacles experienced by SR officers in installing a new power grid ie there is not an application that can determine the status of the prospective customer is in arrears or not. In addition, the survey officer can not know the approximate distance to the target location so that the billing and execution process takes place without closely estimating the closest customer distance. An application is needed that can help the tusbung officer, SR officers, and survey officers in performing their tasks as well as the need for a feature that can monitor those officers centrally. Therefore a development is built on the Metapor website for a centralized surveillance system and designing Build an android app to help officers work in the field where applied haversine formula to be able to determine the approximate distance between attendant and customer in arrears. So in the future it can simplify the surveillance system and field officer work

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metapor, Haversine Formula, Website, Android
Subjects: Skripsi
Bidang Keilmuan > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Sutrisno
Date Deposited: 12 Dec 2025 03:52
Last Modified: 12 Dec 2025 03:52
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/4582

Actions (login required)

View Item
View Item