PENGARUH PENAMBAHAN SERBUK LIMBAH BAN KARET TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL PADA CPHMA (COLD PAVING HOT MIX ASBUTON)

Sitompul, Geby Anasatasya and Handayasari, Indah (2021) PENGARUH PENAMBAHAN SERBUK LIMBAH BAN KARET TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL PADA CPHMA (COLD PAVING HOT MIX ASBUTON). Diploma thesis, ITPLN.

[thumbnail of Geby Anasatasya Sitompul_201721084.pdf] Text
Geby Anasatasya Sitompul_201721084.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Aspal buton merupakan aspal alam yang terdapat di Indonesia dan dimanfaatkan untuk meningkatkan perbaikan jalan. CPHMA memiliki nilai stabilitas yang rendah dalam pemadatan mengunakan suhu ruangan. Penambahan limbah serbuk ban karet pada CPHMA bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan tambah pada dan pengaruh suhu pemadatan terhadap karakteristik marshall. Variasi penambahan serbuk limbah ban karet yang digunakan yaitu 0%, 5% dan 10%. Dan untuk suhu pemadatan yaitu 30oC, 60oC, 90oC, 120oC dan 150oC. Hasil analisa yang diperoleh untuk nilai stabilitas dengan variasi bahan tambah 0% pada suhu 150oC yaitu :1536,182 Kg. Pada variasi bahan tambah 5% pada suhu 150oC yaitu: 821,222 Kg dan pada variasi bahan tambah10% pada suhu 150oC yaitu: 671,969 Kg. Dari hasil nilai stabilitas yang diperoleh yaitu nilai stabilitas menurun seiring dengan kenaikan variasi bahan tambah dan tidah memenuhi spesifikasi Bina Marga. Diharapkan pada penelitian selanjutnya untuk memperhatikan bahan tambah yang digunakan dan cara pengolahan bahan tambah yang digunakan.

Buton asphalt is a natural asphalt found in Indonesia and is used to improve road repairs. CPHMA has a low stability value in compaction using room temperature. The addition of rubber tire powder waste to CPHMA aims to determine the effect of added materials on and the effect of compaction temperature on marshall characteristics. Variations in addition of rubber recycling powder used are 0%, 5% and 10%. And the compaction temperature is 30oC, 60oC, 90oC, 120oC and 150oC. The analysis results obtained for the stability value with 0% added material variations at temperatures of 150oC, namely: 1536,182 Kg. On variations of 5% added material at temperatures of: 150oC, namely: 821.222 Kg and on variations of 10% added material at a temperature of: 150oC namely: 671,969 Kg. From the results of the stability value obtained, the stability value decreases along with the increase in the variety of added materials and does not meet the specifications of Highways. It is hoped that further research will pay attention to the additional materials used and the processing method of the added materials used.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: CPHMA, Marshall, Serbuk Limbah Ban Karet, Suhu CPHMA, Marshall, Rubber Recycling, temperature
Subjects: Bidang Keilmuan > Teknik Sipil
Skripsi
Divisions: Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan > S1 Teknik SIpil
Depositing User: Sudarman
Date Deposited: 02 Sep 2025 16:24
Last Modified: 02 Sep 2025 16:24
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/480

Actions (login required)

View Item
View Item