ANALISA ARUS LALU LINTAS PINTU TOL JATIASIH TERHADAP KAPASITAS RUAS JALAN DENGAN METODE PKJI 2014 (Studi Kasus: Jalan Wibawa Mukti II – Bekasi)

Rusyanto, Bambang Dwi and Handayasari, Indah (2021) ANALISA ARUS LALU LINTAS PINTU TOL JATIASIH TERHADAP KAPASITAS RUAS JALAN DENGAN METODE PKJI 2014 (Studi Kasus: Jalan Wibawa Mukti II – Bekasi). Diploma thesis, ITPLN.

[thumbnail of Bambang Dwi Rusyanto- 201721005.pdf] Text
Bambang Dwi Rusyanto- 201721005.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Meningkatnya pertumbuhan ekonomi menyebabkan pergerakan mobilitas orang atau kendaraan meningkat sehingga menyebabkan menurunnya kinerja jalan sebab pergerakan lalu lintas melebihi kapasitas raus jalan. Jalan Wibawa Mukti II – Bekasi merupakan jalan arteri yang memiliki kondisi jalan yang sempit karena perubahan tata guna lahan dan akses untuk masuk ke pintu tol jatiasih sehingga perlu adanya pengujian kapasitas jalan Wibawa Mukti II - Bekasi dengan metode PKJI 2014. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kapasitas, derajat kejenuhan dan tingkat pelayanan jalan Wibawa Mukti II – Bekasi. Pengambilan data dilakukan secara langusng pada waktu jam sibuk di pagi hari (06.00 – 09.00 WIB) dan sore hari (16.00 – 19.00 WIB). Pengolahan dan analisa data menggunakan metode PKJI 2014 yang mendapatkan nilai kapasitas sebesar 2422,08 skr/jam, nilai derajat kejenuhan sebesar 0,86 dan tingkat pelayanan jalan adalah (E) yang menunjukan bahwa arus tidak stabil, kecepatan kendaraan terkadang terhenti secara tiba – tiba.

The Increasing economic growth causes the mobility of people or vehicles to increase, which lead to a decrease in road performance because traffic activity exceeds the road capacity. Road of Wibawa Mukti II - Bekasi is an arterial road that has narrow road conditions due to changes in land use and access to the Jatiasih toll gate that it is necessary to test the capacity of the Wibawa Mukti II - Bekasi road using the 2014 PKJI method. ,the goal of this research is to know the capacity, the degree of saturation and the level of service of the Wibawa Mukti II – Bekasi authority road. Data collection was carried out directly during peak hours in the morning (06.00 – 09.00 WIB) and in the afternoon (16.00 – 19.00 WIB). Processing and analyzing data using the 2014 PKJI method which shows a capacity value of 2422.08 cur/hour, the saturation degree value of 0,86 and the road service level of (E) which show that an unstable traffic flow, sometimes vehicles suddenly stop accelerating.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kapasitas, Derajat Kejenuhan, Tingkat Pelayanan Jalan, PKJI 2014 Capacity, Degree of Saturation, Road Service Level, PKJI 2014
Subjects: Bidang Keilmuan > Teknik Sipil
Skripsi
Divisions: Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan > S1 Teknik SIpil
Depositing User: Sudarman
Date Deposited: 03 Sep 2025 05:38
Last Modified: 03 Sep 2025 05:38
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/502

Actions (login required)

View Item
View Item