MARCELINO, KEVIN and Fatah, Martin Choirul (2021) ANALISIS EFISIENSI TOTAL MESIN WARTSILA W20V34DF UNIT 2 BLOK 1 BERDASARKAN VARIASI BEBAN PADA KONDISI COMMISSIONING DAN ACTUAL OPERATION PT. WARTSILA INDONESIA CM LOMBOK PLTMGU LOMBOK PEAKER (130 – 150 MW). Diploma thesis, ITPLN.
![[thumbnail of 11.7_Kevin Marcelino_201712067_Skripsi (1).pdf]](https://repository.itpln.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11.7_Kevin Marcelino_201712067_Skripsi (1).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Pembangkitan daya listrik pada mesin unit pembangkit dipengaruhi pada besarnya beban yang dibutuhkan. Nilai beban yang dibangkitkan pada suatu mesin di pengaruhi oleh nilai konsumsi bahan bakar spesifik dan besarnya laju panas pembangkit pada mesin tersebut. Dengan adanya perubahan pembebanan terhadap mesin akan mempengaruhi nilai kerja dari efesiensi total mesin yang didapatkan dari besarnya nilai faktor pembakaran. Berdasarkan hal tersebut penelitian dilakukan untuk melihat pengaruh dari perubahan beban terhadap efisiensi total mesin berdasarkan faktor nilai Specific Fuel Consumption dan laju panas pembangkit pada kondisi commissioning dan actual operation. Berdasarkan data pada arsip instant report operasi commissioning beban 50%, 75%, 100% pada tahun 2019 dan operasi actual engine Wartsila W20V34DF unit 2 dengan variasi beban 50%, 75%, dan 100% yang didapatkan di control central room (CCR) pada tanggal 22 april 2021 di PLTMGU Lombok Peaker. Data yang diperoleh digunakan untuk menghitung efisiensi total mesin. Dari hasil perhitungan pengaruh dari perubahan beban terhadap efisiensi total mesin berdasarkan faktor nilai Specific Fuel Consumption dan laju panas pembangkit pada kondisi commissioning dan actual operation. Efisiensi Total Mesin pada pembebanan sebesar 100% Commissioning dan Actual Operation memiliki tingkat akan nilai efisiensi total mesin tertinggi sebesar 35.5% dan 35.2%.
The generation of electrical power in the engine generating unit is influenced by the amount of load required. The value of the load generated on an engine is influenced by the value of specific fuel consumption and the amount of heat generated by the engine. With a change in the loading of the engine will affect the work value of the total efficiency of the engine which is obtained from the value of the combustion factor. Based on this, the research was conducted to see the effect of changes in load on the total efficiency of the engine based on the Specific Fuel Consumption value factor and the heat rate of the generator under commissioning and actual operation conditions. Based on data in the instant report archive of commissioning operations of 50%, 75%, 100% load in 2019 and the actual operation of the Wartsila W20V34DF unit 2 engine with load variations of 50%, 75%, and 100% obtained in the central control room (CCR) in April 22, 2021 at PLTMGU Lombok Peaker. The data obtained is used to calculate the total efficiency of the machine. From the calculation of the effect of changes in load on the total efficiency of the engine based on the Specific Fuel Consumption value factor and the heat rate ofthe generator in commissioning and actual operation conditions. Total Machine Efficiency at 100% Commissioning and Actual Operation has the highest total machine efficiency value of 35.5% and 35.2%, respectively.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efisiensi Total Mesin, SFC, Heat Rate, PLTMG Total Machine Efficiency, Specific Fuel Consumption, Heat Rate, PLTMG |
Subjects: | Skripsi Bidang Keilmuan > Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | Nurul Hidayati |
Date Deposited: | 07 Sep 2025 09:30 |
Last Modified: | 07 Sep 2025 09:30 |
URI: | https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/597 |