ANALISIS KINERJA MESIN WARTSILA W20V34DF UNIT 3 BLOK 1 COMMISSIONING DENGAN AKTUAL PT. WARTSILA INDONESIA CM LOMBOK PLTMGU LOMBOK PEAKER (130 –150 MW)

NAPITUPULU, MICHAEL FERNANDO and SUDIRMANTO, SUDIRMANTO (2021) ANALISIS KINERJA MESIN WARTSILA W20V34DF UNIT 3 BLOK 1 COMMISSIONING DENGAN AKTUAL PT. WARTSILA INDONESIA CM LOMBOK PLTMGU LOMBOK PEAKER (130 –150 MW). Diploma thesis, ITPLN.

[thumbnail of 11.3 Michael Fernando Napitupulu_201712014_SkripsiFinal fix.pdf] Text
11.3 Michael Fernando Napitupulu_201712014_SkripsiFinal fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pembangkit listrik pada unit pembangkit akan dipengaruhi oleh besarnya beban yang dibutuhkan. Adanya variasi beban dipengaruhi oleh nilai dari konsumsi bahan bakar, besarnya kelajuan bahan bakar kalor pada mesin, dan efisiensi total mesin. Dari hasil penelitian yang diakukan di PLTMGU Lombok Peaker 130 - 150 MW menggunakan mesin jenis Wartsila W20V34DF kita mengetahui dengan adanya variasi beban yang diberikan yaitu sebesar 50%, 75%, dan 100% pada mesin akan mempengaruhi nilai dari specific fuel consumption (SFC), laju panas pembangkit (Heat Rate), dan efisiensi total mesin. Nilai specific fuel consumption (SFC) pada beban 50% saat commissioning nilainya sebesar 0.291 kg/kWh dan aktual sebesar 0.298 kg/kWh. Pada beban 75% saat commissioning sebesar 0.234 kg/kWh dan aktual saat ini ialah 0.251kg/kWh dan pada beban 100% saat Commissioning sebesar 0.212 kg/kWh dan aktual ialah 0.246 kg/kWh. Nilai heat rate pada beban 50% saat commissioning sebesar 11766 Btu/kWh dan aktual sebesar 12049 Btu/kWh. Pada beban 75% saat commissioning sebesar 9421 Btu/kWh dan aktual ialah 10148 Btu/kWh dan pada beban sebesar 100% saat commissioning sebesar 8532 Btu/kWh dan aktual pada sebesar 9906 Btu/kWh. Nilaitotal efisiensi mesin pada beban 50% saat commissioning sebesar 28.9% dan aktual sebesar 28.3%. Pada beban 75% saat commissioning sebesar 36.1% dan aktual ialah 33.6% dan pada saat beban 100% saat Commissioning sebesar 39.9% dan aktual ialah 34.3%.

The power plant in the generating unit will be influenced by the amount of load required. The load variation is influenced by the value of fuel consumption, the amount of heat fuel in the engine, and the total efficiency of the engine. From the results of research conducted at the PLTMGU Lombok Peaker 130 - 150 MW using the Wartsila W20V34DF engine, we know that the variations in the given load of 50%, 75%, and 100% on the engine will affect the value of the specific fuel consumption (SFC), the heat rate of the generator (Heat Rate), and the total efficiency of the engine. The specific fuel consumption (SFC) value at 50% load during commissioning is 0.291 kg/kWh and the current actual is 0.298 kg/kWh. At 75% load when commissioning is 0.234 kg/kWh and the current actual is 0.251 kg/kWh and at 100% load when commissioning is 0.212 kg/kWh and the current actual is 0.246 kg/kWh. The heat rate at 50% load during commissioning is 11766 Btu/kWh and the actual current is 12049 Btu/kWh. At 75% load during commissioning it is 9421 Btu/kWh and the current actual is 10148 Btu/kWh and at 100% load during commissioning it is 8532 Btu/kWh and the current actual is 9906 Btu/kWh. The total value of machine efficiency at 50% load during commissioning is 28.9% and the current actual is 28.3%. At 75% load during commissioning it is 36.1% and the current actual is 33.6% and at 100% load when commissioning is 39.9% and the current actual is 34.3%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Spesific fuel consumption, heat rate, efesiensi total mesin Spesific fuel consumption, heat rate, total machine efficiency
Subjects: Skripsi
Bidang Keilmuan > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Nurul Hidayati
Date Deposited: 07 Sep 2025 10:36
Last Modified: 07 Sep 2025 10:36
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/601

Actions (login required)

View Item
View Item