ANALISIS PEMAKAIAN BAHAN BAKAR BIODIESEL B30 DAN BIOSOLAR B20 TERHADAP PERFORMA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MESIN GAS (PLTMG) LOMBOK PEAKER 130-150 MW

ELYSABETH, INTAN REGINA and Pariaman, Henry (2021) ANALISIS PEMAKAIAN BAHAN BAKAR BIODIESEL B30 DAN BIOSOLAR B20 TERHADAP PERFORMA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MESIN GAS (PLTMG) LOMBOK PEAKER 130-150 MW. Diploma thesis, ITPLN.

[thumbnail of 6.2_Intan Regina Elysabeth_201712078_Skripsi Final.pdf] Text
6.2_Intan Regina Elysabeth_201712078_Skripsi Final.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ANALISIS PEMAKAIAN BAHAN BAKAR BIODIESEL B30 DAN BIOSOLAR
B20 TERHADAP PERFORMA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MESIN GAS
(PLTMG) LOMBOK PEAKER 130-150 MW. Bahan bakar biosolar (B20) dan bahan bakar biodiesel (B30) merupakan bahan bakar terbarukan dengan adanya pencampuran minyak nabati terhadap solar maupun minyak diesel dan digunakan pada mesin pembakaran dalam. Penelitian ini dilakukan dengan dua jenis bahan bakar yaitu B20 dan B30. Proses performance test pada masing-masing bahan bakar dilakukan pada beban 50%, 75% dan 100% serta dilakukan pengambilan data produksi kWh, pemakaian bahan bakar dan emisi gas buang untuk mengetahui tekanan efektif rata-rata, konsumsi bahan bakar spesifik, efisiensi termal, emisi gas buang dan bertujuan untuk menganalisis perbandingan jenis bahan bakar dan faktor yang mempengaruhi performa PLTMG. Dari hasil penelitian yang diperoleh bahwa tekanan efektif rata-rata pada B20 dan B30 berbeda signifikan dengan selisih sebesar 0,1 bar-0,3 bar, hasil konsumsi bahan bakar menggunakan B20 dan B30 berbeda signifikan dengan selisih sebesar 0,0010 kg/kW – 0,1999 kg/kW, Nilai efisiensi termal terendah menggunakan B20 dengan beban 50% sebesar 26% dan efisiensi termal tertinggi menggunakan B30 dengan beban 50% sebesar 84,3% dan hasil emisi gas buang menggunakan B30 menunjukkan tingkat emisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan B20 namun masih dalam batas aman.

ANALYSIS OF THE USE BIODIESEL (B30) AND BIOSOLAR (B20) FUELS ON THE PERFORMANCE OF GAS ENGINE POWER PLANT AT LOMBOK
PEAKER 130-150 MW. Biodiesel fuel are the newest fuels by mixing vegetable oil with vegetable oil and diesel and are used in internal combustion engines. This research was conducted with two types of fuel, namely B20 and B30. The performance test process for each fuel is carried out at 50%, 75% and 100% load and data is collected on kWh production, fuel use and exhaust emissions to determine the average effective pressure, specific fuel consumption, thermal efficiency, emissions exhaust gas and aims to analyze the comparison of types of fuel and the factors that affect the performance of engine. From the results of the study, it was found that the average effective pressure on B30 and B20 was significantly different with a difference of 0.1 bar-0.3 bar, the results of fuel consumption using B20 and B30 were significantly different with a difference of 0.010 kg / kW - 0, 1999 kg / kW, the lowest thermal efficiency value uses B20 with a 50% load of 26% and the highest thermal efficiency uses B30 with a 50% load of 84.3% and the results of exhaust emissions using B30 show a higher emission level than using B20 but still within the limits safe.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bahan Bakar, PLTMG, Performance, Biosolar, Biodiesel Thermal Efficiency, Fuel Consumption, Heat Rate, PLTMG
Subjects: Skripsi
Bidang Keilmuan > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Nurul Hidayati
Date Deposited: 07 Sep 2025 10:45
Last Modified: 07 Sep 2025 10:45
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/603

Actions (login required)

View Item
View Item