ANALISIS EFISIENSI MODE DIESEL DENGAN VARIASI BEBAN PADA UNIT 6 DATA COMMISSIONING TEST DENGAN DATA ACTUAL TEST DI PLTMGU LOMBOK PEAKER

TURNIP, ADLI DEAR FERNANDA and Hendri, Hendri (2021) ANALISIS EFISIENSI MODE DIESEL DENGAN VARIASI BEBAN PADA UNIT 6 DATA COMMISSIONING TEST DENGAN DATA ACTUAL TEST DI PLTMGU LOMBOK PEAKER. Diploma thesis, ITPLN.

[thumbnail of 5.8_Adli Dear Fernanda Turnip_201712072_Skripsi Final.pdf] Text
5.8_Adli Dear Fernanda Turnip_201712072_Skripsi Final.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Analisis Efisiensi Mode Diesel Dengan Variasi Beban Pada Unit 6 Data Commisioning Test Dengan Data Actual Test Di PLTMGU Lombok Peaker. PLTMGU Lombok Peaker 150 MW sudah beroperasi selama dua (2) tahun dan menggunakan sistem pembakaran yaitu tipe engine W20V34DF PT.Wartsila Indonesia. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui data mana yang lebih efisiensi antara data Commisioning Test dengan data Actual Test. Berdasarkan hasil penelitian ini dengan menggunakan data Commisioning Test dan dengan data Actual Test di engine 6 Blok 1 dengan beban 75% dan 100%. Dimana nilai SFC pada 75% dan 100% Pada data Commisioning Test 0,25 �/��ℎ dan 0,23 ��/��ℎ sedangkan untuk data Actual Test diperoleh SFC yaitu 0,23 ���ℎ dan 0,25 ��/��ℎ. Untuk nilai Heat Rate pada 75% dan 100% Pada data Commisioning Test 10235 ��� �ℎ dan 9408 ��� �ℎ sedangkan pada data Actual Test diperoleh Heat Rate yaitu 10550 ��� �ℎ �� 9935 ��� . Untuk nilai Effisiensi Thermal pada 75% dan �ℎ 100% Pada data Commisioning Test 33,3% dan 36,3% ,sedangkan pada data Actual Test diperoleh Effisiensi Thermal yaitu 32,3% dan 34,3%.

Diesel Mode Efficiency Analysis With Variation Of Load On Unit 6 Commissioning Test With Actual Test At PLTMGU Lombok Peaker. PLTMGU Lombok Peaker 150 MW has been operating for two (2) years and uses a combustion system, namely the PT. Wartsila Indonesia W20V34DF engine type. The purpose of this study is to find out which data is more efficient between the Commissioning Test data and the Actual Test data. Based on the results of this study using Commissioning Test data and with Actual Test data on engine 6 Block 1 with a load of 75% and 100%. Where the SFC values are at 75% and 100% in the Commissioning Test data 0.25 ��/��ℎ and 0.23 ��/��ℎ while for the Actual Test data obtained SFC is 0.23 ��/��ℎ and 0.25 ��/��ℎ. For the value of the Heat Rate at 75% and 100%, the Commissioning Test data is 10235 ��� �ℎ and 9408 ��� , while the Actual Test data obtains a Heat Rate of 10550 ��� and 9935 �ℎ �ℎ �� . For the value of Thermal Efficiency at 75% and 100% in the Commissioning Test �ℎ data 33.3% and 36.3%, while the Actual Test data obtained Thermal Efficiency, namely 32.3% and 34.3%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Konsumsi Bahan Bakar Minyak, Heat Rate, Efisiensi Termal, PLTM Spesific Fuel Oil Consumption , Heat Rate, Efisiensi Thermal, PLTMGU
Subjects: Skripsi
Bidang Keilmuan > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Nurul Hidayati
Date Deposited: 08 Sep 2025 02:07
Last Modified: 08 Sep 2025 02:07
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/607

Actions (login required)

View Item
View Item