Afdila, Faizah Nurul and Handayasari, Indah (2025) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN AKIBAT HAMBATAN SAMPING PADA KAWASAN PASAR PALMERAH JAKARTA PUSAT. Diploma thesis, ITPLN.
![[thumbnail of SKRIPSI_FAIZAH NURUL AFDILA_202021016.pdf]](https://repository.itpln.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_FAIZAH NURUL AFDILA_202021016.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Jalan pasar palmerah merupakan salah satu sentral perdagangan yang terletak di Jakarta Pusat dimana area pasar yang ramai berupa hambatan samping sehingga dibutuhkan evaluasi dengan menggunakan metode pedoman manual kapasitas jalan Indonesia (MKJI 1997) dengan melakukan pengumpulan data melakukan pengamatan lalu lintas dilihat dari volume lalu lintas, hambatan samping, derajat kejenuhan serta tingkat kinerja ruas jalan. Pengambilan data dilakukan selama 6 hari yang dilakukan pada pagi hari Pukul 07.00 – 09.00 WIB, siang hari pukul 11.00 13.00 WIB dan sore hari pukul 16.00-18.00 WIB. Tingkat kepadatan volume arus lalu lintas tertinggi di dapatkan pada hari selasa pagi dengan nilai 3203 kend/jam dan nilai SMP yang diperoleh yaitu 1263.8 smp/jam. Sementara itu hambatan samping tertinggi di dapatkan pada hari senin sore dengan nilai 989,4. Dapat disimpulkan bahwa Hambatan Samping pada Jalan Pasar Palmerah yaitu Sangat Tinggi (VH). Dari hasil perhitungan Derajat Kejenuhan (DS) dapat diketahui bahwa derajat kejenuhan yang terjadi 0.5180867113, maka Tingkat Pelayanan C yang berarti Arus stabil, tetapi kecepatan dan Gerakan kendaraan mulai terganggu. Solusi untuk mengurangi kemacetan yang disebabkan oleh hambatan samping pada kawasan jalan pasar palmerah adalah perlu di adakannya edukasi dari dinas perhubungan untuk mengatur pengendara angkutan umum agar tidak berhenti di pinggir jalan pasar palmerah dan mengatur pedagang kaki lima yang berjualan di bahu jalan agar berjualan di dalam gedung pasar yang dimana dapat mengurangi hambatan samping tersebut.
Palmerah market road is one of the trading centers located in Central Jakarta where the market area is crowded in the form of side obstacles so that an evaluation is needed using the Indonesian road capacity manual guideline method (MKJI 1997) by collecting data by observing traffic seen from traffic volume, side obstacles, degree of saturation and the level of performance of road sections. Data collection was carried out for 6 days in the morning at 07.00 - 09.00 WIB, in the afternoon at 11.00-13.00 WIB and in the afternoon at 16.00-18.00 WIB. The highest traffic flow volume density level is obtained on Tuesday morning with a value of 3203 vehicles / hour and the SMP value obtained is 1263.8 smp / hour. Meanwhile, the highest side obstacles were obtained on Monday afternoon with a value of 989.4. It can be concluded that Side Obstacles on Jalan Pasar Palmerah are Very High (VH). From the results of the calculation of the Degree of Saturation (DS) it can be seen that the degree of saturation that occurs is 0.5180867113, then the Level of Service C which means that the flow is stable, but the speed and movement of vehicles is starting to be disrupted. The solution to reducing congestion caused by side obstacles in the palmerah market road area is the need for education from the transportation department to regulate public transportation riders so as not to stop on the edge of the palmerah market road and regulate street vendors who sell on the shoulder of the road to sell inside the market.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Volume Lalu Lintas, Hambatan Samping, Tingkat Kinerja Ruas Jalan, MKJI 1997 Traffic Volume, Side Obstacles, Road Section Performance Level, MKJI 1997 |
Subjects: | Bidang Keilmuan > Teknik Sipil Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan > S1 Teknik SIpil |
Depositing User: | Sudarman |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 03:59 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 03:59 |
URI: | https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/622 |