PENERAPAN METODE SAW UNTUK MENENTUKAN PRIORITAS PERBAIKAN PENGADUAN PADA SISTEM APLIKASI PEDULI KAMPUS (APiK) (STUDI KASUS: INSTITUT TEKNOLOGI - PLN JAKARTA)

Amir, Nurdzakirah and Karmila, Sely and Desi Rose Hertina, Moch Farid (2020) PENERAPAN METODE SAW UNTUK MENENTUKAN PRIORITAS PERBAIKAN PENGADUAN PADA SISTEM APLIKASI PEDULI KAMPUS (APiK) (STUDI KASUS: INSTITUT TEKNOLOGI - PLN JAKARTA). Diploma thesis, IT PLN.

[thumbnail of 201631041_Nurdzakirah Amir_Revisi_Skripsi_NURDZAKIRAH AMIR 1.pdf] Text
201631041_Nurdzakirah Amir_Revisi_Skripsi_NURDZAKIRAH AMIR 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah membuat perancangan sistem aplikasi peduli kampus (APiK) untuk menampung pengaduan keluhan serta menentukan prioritas perbaikan pengaduan yang masuk pada Institut Teknologi PLN Jakarta, yang saat
ini sarana penyampaian pengaduan keluhan mengenai fasilitas kampus masih menggunakan sistem manual, yaitu dengan membuat surat pengaduan kemudian dikirim ke pihak BSFU untuk ditindaklanjuti. Pengaduan dengan cara tersebut dapat
membuat laporan pengaduan yang masuk bisa menumpuk sehingga menyulitkan pihak BSFU untuk menentukan pengaduan mana yang harus ditangani terlebih dahulu, hal tersebut yang dapat memperlambat proses penyelesaian pengaduan karena proses keluhan yang masuk berjalan lama. Dalam pengembangan sistem,
penelitian ini menggunakan metode waterfall. Pada tahap pengkodean menggunakan Metode SAW sebagai metode penentuan prioritas perbaikan pengaduan yang masuk dengan kriteria yang telah ditetapkan, yaitu: tingkat kepentingan pengaduan keluhan, ruangan/tempat yang dikeluhkan, cakupan User
yang terdampak dengan keluhan yang masuk dan urutan masuk pengaduan. Berdasarkan hasil pengujian Black Box Testing, fungsionalitas dari aplikasi ini sudah sesuai dengan yang diharapkan. Hasil perhitungan UAT diperoleh hasil 85%
yang menerangkan aplikasi diterima dengan baik oleh User

The purpose of this research is to design a campus care application system (APiK) to accommodate complaints and determine the priority of improving incoming complaints at PLN Jakarta Institute of Technology, which is currently a means of submiting complaints about campus facilities still using the manual system, namely by making a letter of complaint then sent to BSFU for follow-up. Complaints in this way can make incoming complaint reports stack up, making it difficult for BSFU to determine which complaints should be dealt with first, which can slow down the
complaints settlement process because the complaints process is long running. In the development of the system, this research uses the waterfall method. At the coding stage using SAW method as a method of prioritize the improvement of incoming complaints with the criteria that have been set, namely: the level of interest of complaint complaints, the room/ place complained, the scope of the Affected User
with incoming complaints and the order of entry of complaints. Based on the black box testing results, the functionality of this application is already as expected. The result of UAT calculation is obtained 85% result that describes the application is well received by the User

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaduan, SAW, Civitas Kampus, BSFU Complaints, SAW, Campus Civitas, BSFU
Subjects: Skripsi
Bidang Keilmuan > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Sutrisno
Date Deposited: 09 Sep 2025 01:42
Last Modified: 09 Sep 2025 01:42
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/661

Actions (login required)

View Item
View Item