ANALISIS KINERJA RUAS JALAN AKIBAT HAMBATAN SAMPING PADA KAWASAN PASAR SENEN JAKARTA PUSAT

Fairezi, Hananda and Handayasari, Indah (2024) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN AKIBAT HAMBATAN SAMPING PADA KAWASAN PASAR SENEN JAKARTA PUSAT. Diploma thesis, ITPLN.

[thumbnail of FILE SKRIPSI Hananda Fairezi 202021006.pdf] Text
FILE SKRIPSI Hananda Fairezi 202021006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Jalan Pasar Senen berupa dua ruas jalur merupakan area pasar yang ramai berupa hambatan samping maupun kendaraan yang lewat sehingga dibutuhkan evaluasi dengan menggunakan metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2023) dengan melakukan pengumpulan data dengan melakukan pengamatan lalu lintas maka dapat dihitung jumlah volume lalu lintas, kapasitas jalan, derajat kejenuhan serta tingkat pelayanan jalan. Pengambilan data dilakukan selama 7 hari (senin-minggu) pada jam puncak pagi hari (06.00-09.00), siang hari (11.00-13.00) dan sore hari (16.00-19.00). Volume lalu lintas tertinggi terjadi pada hari Jumat sore, mencapai 2741 kendaraan per jam, dengan nilai Satuan Mobil Penumpang (SMP) tertinggi sebesar 1305,7 SMP/jam. Sementara itu, hambatan samping tertinggi tercatat pada hari Minggu siang, sebesar 858,2 hambatan samping pada ruas jalan tiga lajur satu arah (3/1). Ruas jalan dua lajur satu arah (2/1) juga menunjukkan volume lalu lintas tinggi dengan 2862 kendaraan per jam dan nilai SMP tertinggi 1356 SMP/jam, di mana hambatan samping mencapai 861,1 kejadian pada Minggu siang. Tingkat pelayanan untuk ruas jalan 3/1 dinyatakan dalam kategori B, sedangkan ruas 2/1 berada pada kategori C. Penulis merekomendasikan solusi berupa pelebaran lajur sebesar 0,5 meter. Perbandingan antara kondisi eksisting dan kondisi perencanaan menunjukkan adanya peningkatan tingkat pelayanan ruas jalan C menjadi B.

The Pasar Senen Street, comprising two lanes, is a bustling market area that experiences significant side hindrances and vehicular traffic. To address these issues, an evaluation was conducted using the Indonesian Road Capacity Guidelines (PKJI 2023). Data collection involved traffic observations over a 7-day period (Monday to Sunday) during peak hours in the morning (06:00-09:00), afternoon (11:00-13:00), and evening (16:00 19:00). The highest traffic volume was recorded on Friday evening, reaching 2,741 vehicles per hour, with the highest Passenger Car Unit (PCU) value of 1,305.7 PCU/hour. The highest side hindrance was observed on Sunday afternoon, reaching 858.2 side hindrances on a three-lane one-way road (3/1). The two-lane one-way road (2/1) also exhibited high traffic volumes with 2,862 vehicles per hour and a PCU value of 1,356 PCU/hour, with side hindrances reaching 861.1 occurrences on Sunday afternoon. The service level for the 3/1 road was categorized as B, while the 2/1 road was categorized as C. The author recommends a lane expansion of 0.5 meters as a solution. The comparison between existing and planned conditions indicates an improvement in the service level of the C-category road to B.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hambatan samping. Volume Lalu lintas. Tingkat pelayanan, PKJI 2023 Side Obstacles, Traffic Volume ,Level of Service, PKJI 2023
Subjects: Bidang Keilmuan > Teknik Sipil
Skripsi
Divisions: Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan > S1 Teknik SIpil
Depositing User: Sudarman
Date Deposited: 09 Sep 2025 02:18
Last Modified: 09 Sep 2025 02:18
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/672

Actions (login required)

View Item
View Item