Rancang Bangun Sistem Pembelian Tiket Kapal Ferry KMP.Tao Toba Pada Pelabuhan Ajibata Kabupaten Toba Berbasis Android (Studi Kasus : PT.Gunung Hijau Megah )

PAKPAHAN, PARLINGGOMAN and Fitriani, Yessy and Karmila, Sely (2020) Rancang Bangun Sistem Pembelian Tiket Kapal Ferry KMP.Tao Toba Pada Pelabuhan Ajibata Kabupaten Toba Berbasis Android (Studi Kasus : PT.Gunung Hijau Megah ). Diploma thesis, IT PLN.

[thumbnail of 201631055_Parlinggoman Pakpahan_Revisi_Skrips_PARLINGGOMAN PAKPAHA 2.pdf] Text
201631055_Parlinggoman Pakpahan_Revisi_Skrips_PARLINGGOMAN PAKPAHA 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Information system for KMP.Tao Toba Ferry Ticket SaIes at Ajibata Port is stiII done manuaIIy or has not been well computerized. The need for transportation on Lake Toba is very much needed by the people around the port of Ajibata, especially for doing tourist destinations, daily activities and also for working trips. The need for this transportation makes people sometimes come early to the Port counter to get Ferry Boat Tickets, this situation sometimes creates congestion at the port counter especially during big days. The purpose of this research is to produce an application that can help prospective passengers who want to use the KMP Ferry services. Tao Toba in ordering tickets, and also help the Management of KMP. Tao Toba in processing passenger information and also assist in printing ticket purchase reports. This research uses the First Come First Served (FCFS) method where every process that is first entered is the first one in the process until it is finished and then the next process will be carried out

Sistem informasi Penjualan Tiket Kapal Ferry KMP.Tao Toba pada Pelabuhan Ajibata masih dilakukan secara manual atau belum terkomputerisasi dengan baik. Kebutuhan transportasi di Danau Toba sangat dibutuhkan oleh masyarakat di sekitar pelabuhan Ajibata terutama untuk melakukan Tujuan wisata, aktivitas sehari-hari dan juga dalam bepergian bekerja. Kebutuhan akan transportasi ini membuat orang terkadang datang lebih awal ke loket Pelabuhan untuk mendapatkan Tiket
Kapal Ferry ini, keadaan ini terkadang membuat penumpukan di loket pelabuhan apalagi ketika hari-hari besar. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi yang dapat membantu para calon penumpang yang ingin menggunakan jasa kapal Ferry penyeberangan KMP.Tao Toba dalam pemesanan Tiket, dan juga membantu pihak Manajemen KMP.Tao Toba
dalam pengolahan Informasi penumpang dan juga membantu dalam
mencetak laporan pembelian tiket. Penelitian menggunakan metode First Come First Served (FCFS) dimana setiap proses yang pertama masuk maka yang pertama di proses sampai selesai baru akan mengerjakan proses selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kapal Ferry, First Come First Served, Waterfall, KMP.Tao Toba, E-Tiket Ferry, First Come First Served, Waterfall, KMP, Tao Toba, ETiket.
Subjects: Skripsi
Bidang Keilmuan > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Sutrisno
Date Deposited: 09 Sep 2025 03:26
Last Modified: 09 Sep 2025 03:26
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/693

Actions (login required)

View Item
View Item