EVALUASI TINGKAT KERUSAKAN PERKERASAN JALAN INTERCHANGE KARAWANG BARAT DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX

Puspitasari, Nurfitria Dyah and Handayasari, Indah (2019) EVALUASI TINGKAT KERUSAKAN PERKERASAN JALAN INTERCHANGE KARAWANG BARAT DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX. Diploma thesis, ITPLN.

[thumbnail of BAB 1-5.pdf] Text
BAB 1-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Jalan merupakan salah satu prasarana penting untuk menghubungkan wilayah satu dengan wilayah lainnya. Seiring dengan berjalannya waktu, jalan yang terus menerus digunakan akan mengalami penurunan kualitas yang ditandai dengan adanya kerusakan pada bagian permukaan jalan. Penelitian dilakukan secara visual dengan metode Pavement Condition Index. Sistem penilaian kerusakan perkerasan jalan dengan metode Pavement Condition Index yaitu berdasarkan jenis kerusakan, tingkat kerusakan dan dimensi kerusakan. Penelitian ini akan menilai kondisi perkerasan jalan Interchange Karawang Barat dan mengetahui metode penanganan yang sesuai untuk kerusakan jalan yang terjadi. Jalan Interchange Karawang Barat yang ditinjau sepanjang 1 km dan dibagi menjadi 10 segmen dengan ukuran 100 x 7 m per segmennya. Masing-masing segmen dievaluasi mendapatkan nilai PCI. Hasil analisa menunjukkan bahwa kerusakan yang terjadi antara lain amblas, patah slip, sungkur, tonjolan dan cekungan, pinggiran turun vertikal, lubang, retak kulit buaya, retak memanjang, tambalan, retak kotak – kotak, retak pinggiran, pengausan agregat dan pelepasan butir. Nilai PCI rata-rata untuk Jalan Interchange Karawang Barat adalah 79 yang dikategorikan dalam kondisi sangat baik, namun tetap diperlukan beberapa penanganan dan pemeliharaan jalan untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan bagi pengendara.

Roads are one of the important infrastructures to connect one region to another. As time goes by, roads that are continuously used will experience a decrease in quality marked by damage to the road surface. The research was conducted visually using the Pavement Condition Index method. The road pavement damage assessment system using the Pavement Condition Index method is based on the type of damage, level of damage and dimensions of damage This research was conducted to assess the conditions of West Karawang Interchange pavement conditions and find out the appropriate handling method for road damage that occurred.West Karawang Interchange road which is reviewed for 1 km and is divided into 10 segments with a size of 100 x 7 m per segment. Each segment is evaluated to get a PCI value. The results of the analysis show that the damage that occurred was depression, slippage cracking, shoving, bumps and sags, lane/shoulder drop off, potholes, alligator cracks, longitudinal/transverse cracking, patching and utility cut patching, block cracking, edge cracking, polished aggregate, weathering/raveling . The average PCI value for West Karawang Road Interchange is 79 which is categorized in very good condition, but still requires some handling and maintenance of roads to improve comfort and safety for driver.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Kerusakan perkerasan jalan, Pavement Condition Index (PCI) Evaluation, Pavement damage, Pavement Condition Index (PCI)
Subjects: Bidang Keilmuan > Teknik Sipil
Skripsi
Divisions: Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan > S1 Teknik SIpil
Depositing User: Sudarman
Date Deposited: 09 Sep 2025 03:45
Last Modified: 09 Sep 2025 03:45
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/697

Actions (login required)

View Item
View Item