Nugraheni, Ayu Savira Fibi and Artiani, Gita Puspa (2019) PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP SIMPANG TAK BERSINYAL (STUDI KASUS PEREMPATAN Jl. TAMAN SEMANAN INDAH). Diploma thesis, ITPLN.
![[thumbnail of SKRIPSI-AYU SAVIRA FIBI NUGRAHENI (2015-21-014).pdf]](https://repository.itpln.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-AYU SAVIRA FIBI NUGRAHENI (2015-21-014).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Tingginya nilai hambatan samping pada suatu ruas jalan akan menyebabkan penurunan pada kinerja jalan. Besarnya hambatan samping sangat berpengaruh terhadap kapasitas ruas jalan dan kecepatan kendaraan. Penelitian yang dilakukan yaitu berupa survei volume lalu lintas (LHR) untuk melihat tingkat kepadatan kendaraan, kemudian survei hambatan samping untuk melihat besarnya pengaruh gangguan dan survei kecepatan sesaat baik terganggu dan tak terganggu hambatan samping. Penelitian dilakukan pada perempatan Jl. Taman Semanan Indah. Maka dari itu Skripsi ini diambil bertujuan untuk menganalisis kinerja simpang tak bersinyal pada salah satu jalan di ibukota Jakarta ini yaitu di Perempatan Jalan Taman Semanan Indah Jakarta Jl Taman Semanan Barat dengan memberikan alternatif pemecahan masalah dengan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Pengamatan dilakukan pada hari senin smpai minggu pukul 06.00-07.00, 12.00-13.00 dan 17.00-18.00. hasil analisis data Penilaian Kerja diperoleh nilai derajat kejenuhan (DJ) tertinggi 1,6 masuk kedalam kategori tingkat pelayanan F.
The high value of side barriers on a road section will cause a decrease in road performance. The magnitude of side barriers is very influential on the capacity of the road section and vehicle speed. The research conducted is in the form of a traffic volume survey (LHR) to see the level of vehicle density, then a side obstacle survey to see the magnitude of the effect of interference and a momentary speed survey both disturbed and undisturbed by side obstacles. The study was conducted at the intersection of Jl. Taman Semanan Indah. Therefore this Thesis was taken aiming to analyze the performance of unsignalized intersections on one of the roads in the capital Jakarta, namely at the Taman Semanan Indah Road intersection in West Jakarta by providing alternative solutions to problems using the Indonesian Road Capacity Manual (MKJI) 1997. Observations were made on Monday to Sunday at 06.00-07.00, 12.00-13.00 and 17.00-18.00. The results of the Job Assessment data analysis obtained the highest degree of saturation (DJ) value of 1.6 into the service level category F.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hambatan Samping, Simpang Tak Bersinyal, Derajat Kejenuhan Side Barriers, Unsignalized Intersections, Degree of Saturation |
Subjects: | Bidang Keilmuan > Teknik Sipil Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan > S1 Teknik SIpil |
Depositing User: | Sudarman |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 04:12 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 04:12 |
URI: | https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/704 |