ANALISIS PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU BERBASIS ISO 9001:2015 TERHADAP KINERJA KONTRAKTOR PADA PROYEK PEMBANGUNAN RUNWAY 3 SECTION 1 BANDARA SOEKARNO – HATTA

Lubis, Klaudius Wirawan and Hastanto, Hastanto (2019) ANALISIS PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU BERBASIS ISO 9001:2015 TERHADAP KINERJA KONTRAKTOR PADA PROYEK PEMBANGUNAN RUNWAY 3 SECTION 1 BANDARA SOEKARNO – HATTA. Diploma thesis, ITPLN.

[thumbnail of Klaudius Wirawan Lubis 201521042.pdf] Text
Klaudius Wirawan Lubis 201521042.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu sasaran dalam suatu adalah terpenuhinya persyaratan mutu yang telah di rencanakan. Bagi perusahaan konstruksi, untuk meningkatkan kepuasan konsumen dapat diterapkan sistem manajemen mutu yang memberikan nilai tambah bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat penerapan sistem manajemen mutu berbasis ISO 9001:2015 terhadap tingkat kinerja, serta kendala dalam penerapannya. Penelitian ini dilakukan pada proyek pembangunan runway 3 section 1 Bandara Soekarno - Hatta oleh PT. PP (Persero) Tbk., serta kendala dalam penerapannya. Dalam penelitian ini menggunakan data yang didapat melalui angket/kuesioner. Sampel pada penelitian ini berjumlah 55 orang. Dari hasil kuesioner data diolah dengan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 terhadap tingkat kinerja kontraktor sebesar 26.2%. Dan kendala dalam penerapan ISO 9001:2015 adalah kurangnya sosialisasi mengenai ISO.

One of the goals in a fulfillment of quality requirements that have been planned. For construction companies, to improve customer satisfaction a quality management system can be applied that adds value to the company. This study aims to analyze the level of implementation of the ISO 9001: 2015-based quality management system on the level of performance, as well as obstacles in its application. This research was conducted on the construction project of runway 3 section 1 Soekarno-Hatta Airport by PT. PP (Persero) Tbk., as well as obstacles in it’s application. In this study using data obtained through a questionnaire / questionnaire. The sample in this study amounted to 55 people. From the results of the questionnaire the data is processed with a Likert scale. The results of this study indicate the level of implementation of the ISO 9001: 2015 quality management system to the contractor's performance level of 26.2%. And the obstacle in implementing ISO 9001: 2015 is the lack of socialization regarding ISO.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem manajemen mutu, ISO 9001:2015, kinerja, kendala. Quality management system, ISO 9001:2015, performance, obstacle.
Subjects: Bidang Keilmuan > Teknik Sipil
Skripsi
Divisions: Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan > S1 Teknik SIpil
Depositing User: Sudarman
Date Deposited: 09 Sep 2025 06:28
Last Modified: 09 Sep 2025 06:28
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/716

Actions (login required)

View Item
View Item