Darmawan, Achmad and Yuhanah, Tri (2019) STUDI ALTERNATIF PERENCANAAN EAST CONNECTION TAXIWAY TAHAP 1 BANDARA SOEKARNO HATTA DENGAN KONSTRUKSI PCI GIRDER. Diploma thesis, ITPLN.
![[thumbnail of ACHMAD DARMAWAN.pdf]](https://repository.itpln.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ACHMAD DARMAWAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Redesign struktur PCI girder pada jembatan penyeberangan pesawat dari proyek pembangunan East Connection Taxiway Tahap 1 Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Banten. Pada perencanaan awal jembatan ini menggunakan struktur PCU Girder dengan memiliki dua bentang yang masing-masing panjanganya 24 meter dan 12 meter dengan rincian enam span bentang 24 meter dan satu span bentang 12 meter. Lebar jembatan yaitu 60 meter dengan jumlah 24 PCU girder. Kemudian direncanakan ulang menggunakan struktur PCI girder dengan bentang 24 meter dan jumlah PCI Girder sebanyak 33 girder. Data teknis yang diperlukan terdiri dari panjang bentang, lebar jembatan, kelas, dan fungsi bangunan. Dasar-dasar perencanaan jembatan yang mengacu pada peraturan SNI 1725 : 2016, RSNI 2833 : 201X, dan SNI 2847 : 2013. Beban yang dianalisa yaitu beban sendiri, beban mati tambahan, beban lalu lintas, dan beban lingkungan. Digunakan program komputer untuk mempermudah analisa struktur PCI girder. Kemudian dari hasil analisa tersebut dapat dihitung tegangan girder, deformasi girder dan gaya dalam yang bekerja pada girder, kontrol tegangan yang terjadi pada struktur dan kontrol lendutan struktur. Hasil dari perencanaan ini adalah didapatkan bentuk, dimensi, jumlah girder dan jarak as PCI girder sehingga mampu menahan beban-beban yang bekerja pada girder dan didapat struktur atas jembatan yang aman. PCI girder dengan panjang 24 meter, tinggi 1,8 meter dan lebar penampang atas 0,7 meter memiliki 4 buah tendon yang masing-masing terdiri dari 12 strand, hasil tegangan tekan maksimum yang terjadi sebesar 15,57 MPa, dan lendutan maksimum sebesar 16,781mm.
In this final script, a PCI girder redesign on the aircraft crossing bridge from the East Connection Taxiway Phase 1 construction project at Soekarno Hatta Airport, Tangerang, Banten. In the initial planning the bridge used a Girder PCU structure with two spans of 24 meters and 12 meters each by completing six 24 meter span ranges and a 12 meter span odor range. The width of the bridge is 60 meters with a total of 24 PCU girder. Then reuse the PCI girder structure with a span of 24 meters and the number of PCI Girder as many as 33 girder. The technical data needed consists of length span, class bridge width, and building functions. The basics of bridge planning are stipulated in the regulations of SNI 1725: 2016, RSNI 2833: 201X, and SNI 2847: 2013. The load analyzed is the load itself, additional dead load, traffic load, and environmental load. Using a computer program to analyze the structure of PCI girder. Then the voltage girder, deformation girder and internal force acting on the girder, stress control is carried out on the structure and control of the deflection structure. The results of this plan obtained the shape, dimensions, number of girder and distance as PCI girder so as to be able to withstand the load acting on the girder and obtain a safe bridge structure. PCI girder with a length of 24 meters, a height of 1.8 meters and a width of a cross section of 0.7 meters has 4 tendons, each of which consists of 12 strands, the maximum compressive pressure produced is 15.57 MPa, and deflection maximum of 16,781mm
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Taxiway, Jembatan, PCI Girder, Tegangan, Lendutan, Taxiway, Bridge, PCI Girder, Stress, Deflection |
Subjects: | Bidang Keilmuan > Teknik Sipil Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan > S1 Teknik SIpil |
Depositing User: | Sudarman |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 06:40 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 06:40 |
URI: | https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/719 |