PERBANDINGAN ALTERNATIF DESAIN TEBAL PERKERASAN JALAN LENTUR MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA DAN AASHTO (STUDI KASUS PROYEK JALAN TOL CENGKARENG - BATU CEPER - KUNCIRAN STA 26+300 SAMPAI DENGAN 26+700)

Supriatna, Letiani and Handayasari, Indah (2019) PERBANDINGAN ALTERNATIF DESAIN TEBAL PERKERASAN JALAN LENTUR MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA DAN AASHTO (STUDI KASUS PROYEK JALAN TOL CENGKARENG - BATU CEPER - KUNCIRAN STA 26+300 SAMPAI DENGAN 26+700). Diploma thesis, ITPLN.

[thumbnail of PERBANDINGAN ALTERNATIF DESAIN TEBAL PERKERASAN JALAN LENTUR MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA DAN AA.pdf] Text
PERBANDINGAN ALTERNATIF DESAIN TEBAL PERKERASAN JALAN LENTUR MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA DAN AA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Jalan Tol Cengkareng – Batu Ceper – Kunciran merupakan alternatif jalan Tol Jakarta-Tangerang yang saat ini merupakan Jalan Tol paling padat karena menghubungkan beberapa titik vital seperti Bandara Soekarno-Hatta dan Pelabuhan Tanjung Priok. Jalan tol perlu direncanakan sebaik mungkin lapis perkerasannya agar kendaraan dapat melewatinya dengan mulus disaat melaju dengan kecepatan tinggi. Tugas akhir ini akan membandingkan hasil tebal perkerasan lentur menggunakan Metode Bina Marga 2017 dan Metode AASHTO 1993 pada sta. 26+300 sampai dengan sta. 26+700. Hasil analisis tebal perkerasan lentur menurut Metode Bina Marga 2017 terdiri dari 4 lapis perkerasan, yakni Lapis Pondasi Atas (LPA) Kelas A setebal 300mm, Lapis AC Base setebal 245mm, Lapis AC-BC setebal 60mm dan Lapis AC-WC setebal 80mm. Sehingga total tebal perkerasan lentur menurut Metode Bina Marga 2017 adalah 645mm. Sedangkan menurut Metode AASHTO 1993 tebal perkerasan lentur terdiri atas 3 lapis perkerasan; yakni Lapis Pondasi Atas (LPA) Kelas A setebal 650mm, Lapis AC-BC setebal 30mm dan Lapis AC-WC setebal 80mm. Sehingga total tebal perkerasan lentur menurut Metode AASHTO 1993 adalah 760mm. Biaya konstruksi awal perkerasan lentur menurut Metode Bina Marga 2017 sebesar Rp.8.298.407.941,-; sedangkan biaya konstruksi awal perkerasan lentur menurut Metode AASHTO 1993 sebesar Rp.2.591.158.256,-. Biaya konstruksi awal perkerasan lentur menurut Metode AASHTO 1993 lebih rendah dibandingkan Metode Bina Marga 2017.

Kunciran – Batu Ceper – Cengkareng Highway is an alternative route for Jakarta Tangerang Highway which is the most crowded highway because connect several important places such as Soekarno-Hatta Airport and Tanjung Priok Seaport. The highway should be design as smooth as possible so that vehicle which passing the highway could go in high speed. This research is comparing flexible design using Bina Marga 2017 Method and AASHTO 1993 Method on sta. 26+300 – 26+700. The result using Bina Marga 2017 Method was flexible pavement consist of 4 layer, Subbase Layers – A Class was 300 mm thick, AC-Base was 245 mm thick, AC-BC was 60 mm thick and AC-WC was 80 mm. Flexible pavement total thickness according to Bina Marga 2017 Method is 645 mm. Meanwhile, the result of flexible pavement design using AASHTO 1993 was consist of 3 layers, that Subbase Layers – Class A was 300 mm thick; AC BC was 60 mm thick, and AC-WC was 80 mm thick. Total thickness of flexible pavement using AASHTO 1993 method is 760 mm. Preconstruction cost using Bina Marga 2017 Method was Rp.8.298.407.941, -; while using AASHTO 1993 Method was Rp.2.591.158.256, -. The conclusion is preconstruction cost for AASHTO 1993 was lower than Bina Marga 2017 Method.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bina Marga 2017, AASHTO 1993, Perkerasan Lentur Bina Marga 2017, AASHTO 1993, Flexible Pavement
Subjects: Bidang Keilmuan > Teknik Sipil
Skripsi
Divisions: Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan > S1 Teknik SIpil
Depositing User: Sudarman
Date Deposited: 09 Sep 2025 07:30
Last Modified: 09 Sep 2025 07:30
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/738

Actions (login required)

View Item
View Item