Sari, Yoffi Indityana and Yuhanah, Tri (2018) RE-DESIGN STRUKTUR PCI GIRDER PADA OVERPASS KRANGGAN (STA. 72+237) PROYEK JALAN TOL SEMARANG – SOLO RUAS SALATIGA – KARTASURA. Diploma thesis, ITPLN.
![[thumbnail of SKRIPSI YOFFI 201421018.pdf]](https://repository.itpln.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI YOFFI 201421018.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Dalam tugas akhir ini dilakukan redesign struktur PCI girder pada salah satu overpass dari proyek pembangunan jalan tol Semarang – Solo Ruas Salatiga Kartasura. Pada perencanaan awal overpass ini memiliki tiga bentang girder yang masing-masing panjangnya 16 meter, 40 meter dan 16 meter. Kemudian direncanakan ulang menjadi satu bentang dengan mempertimbangkan panjang bentang yang cukup panjang yakni 45 meter. Data teknis yang diperlukan terdiri dari panjang bentang, lebar jalan dan kelas jalan. Dasar-dasar perencanaan jembatan yang mengacu pada peraturan SNI 1725 : 2016, RSNI 2833 : 201X, dan SNI 2847 : 2013. Beban yang dianalisa yaitu beban sendiri, beban mati tambahan, beban lalu lintas, dan beban lingkungan. Digunakan program komputer untuk mempermudah analisa struktur PCI girder. Kemudian dari hasil analisa tersebut dapat dihitung kehilangan gaya prategang, kontrol tegangan yang terjadi pada struktur dan kontrol lendutan struktur. Hasil dari perencanaan ini adalah didapatkan bentuk dan dimensi PCI girder bentang panjang yang mampu menahan beban yang bekerja pada jembatan, sehingga didapat struktur yang aman. PCI girder dengan panjang 45,8 meter, tinggi 2,1 meter dan lebar penampang atas 0,82 meter memiliki 4 buah tendon yang masing-masing terdiri dari 19 strand, hasil tegangan tekan maksimum yang terjadi sebesar 25,37 MPa, tegangan tarik maksimum sebesar 0,51 MPa dan lendutan maksimum sebesar 134,458 mm.
In this final script a redisign of PCI girder’s structure at one of overpassess of Semarang - Solo toll road construction project on Salatiga-Kartasura section. In the initial planning of overpass it had three spans, there are 16 meters, 40 meters, and 16 meters. And then a new redesigned to be a span by considering long enough span length, it was 45 meters. This design begin with collecting the technical data of this design that needed such as the length of the span, the width of the road and the class of the road. The basic design calculation referred to SNI 1725: 2016, RSNI 2833: 201X, and SNI 2847: 2013. Analysed loads were own dead load, an additional dead load, traffic load and environmental load. A computer program was used to facilitate an analysis of PCI girder structure. And then from the results of the analysis, loss of prestressing force could be calculated, stress control occurred in the structure and deflection control structure. The results of this redesign were obtained the shape and dimension of a long-span girder PCI which were able to restrain work load on the bridge in order to get a safe structure. This girder design consisted of 4 tendons, each of which consisted of 19 strands, the maximum of compressive stress occurring was 25.37 MPa, the maximum of tensile stress was 0.51 MPa and the maximum of deflection was 134.458 mm.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Overpass, PCI Girder, Program Komputer, Beton Prategang Overpass, PCI Girder, Computer Program, Prestress Concrete |
Subjects: | Bidang Keilmuan > Teknik Sipil Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan > S1 Teknik SIpil |
Depositing User: | Sudarman |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 03:04 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 03:04 |
URI: | https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/775 |