EVALUASI KINERJA OPERASIONAL JALUR KERETA COMMUTER LINE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KAPASITAS LINTAS KERETA API ( Studi Kasus : Rute Stasiun Jakarta Kota–Stasiun Manggarai )

Nurnaningsih, Ayu and Artiani, Gita Puspa (2018) EVALUASI KINERJA OPERASIONAL JALUR KERETA COMMUTER LINE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KAPASITAS LINTAS KERETA API ( Studi Kasus : Rute Stasiun Jakarta Kota–Stasiun Manggarai ). Diploma thesis, ITPLN.

[thumbnail of cover skripsi.pdf] Text
cover skripsi.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of lembar pengesahan penguji.pdf] Text
lembar pengesahan penguji.pdf

Download (608kB)
[thumbnail of lembar pengesahan skripsi.pdf] Text
lembar pengesahan skripsi.pdf

Download (594kB)
[thumbnail of skripsi lembar pernyataan-converted.pdf] Text
skripsi lembar pernyataan-converted.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of skripsi ayu nurnaningsih fix acc-converted.pdf] Text
skripsi ayu nurnaningsih fix acc-converted.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (775kB)
[thumbnail of hal pernyataan skripsi.pdf] Text
hal pernyataan skripsi.pdf

Download (745kB)

Abstract

Rute Jakarta Kota-Manggarai merupakan salah satu rute yang sering terjadi keterlambatan kedatangan dan keberangkatan yang tidak sesuai dengan grafik perjalanan kereta api (GAPEKA 2017). Sehingga diperlukan evaluasi terhadap kapasitas lintas kereta api. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui solusi dari yang terjadi di di rute Jakarta Kota-Manggarai. Metode yang digunakan adalah metode perhitungan kapasitas lintas berdasarkan kondisi prasarana kereta api. Hasil analisis didapatkan nilai kapasitas lintas antara stasiun Jakarta Kota Manggarai 44,85203 KA/4jam sampai dengan 63,62913 KA/4jam. Level of Servise (LoS) termasuk dalam kategori F. kenaikan kapasitas lintas dengan meningkatkan kecepatan di rute Cikini-Manggarai sehingga level of service (LoS) meningkat dalam kategori F menjadi E.

The Jakarta Kota-Manggarai route is one of the routes that often results in late arrivals and departures that are not in accordance with train travel charts (GAPEKA 2017). So that an evaluation of train capacity is needed. This study aims to find out the solution of what happened on the Jakarta Kota-Manggarai route. The method used is a cross-capacity calculation method based on the condition of railroad infrastructure. The results of the analysis show that the crossing capacity between the Jakarta Kota-Manggarai station is 44.85203 KA / 4 hours to 63.662913 KA / 4 hours. Service Levels (LoS) fall into category F. Increased cross-capacity by increasing speed on the Cikini-Manggarai route so that the Level of Service (LoS) increases in the F to E category.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Commuter Line, Tingkat Pelayanan, Kapasitas Lintas, Kinerja Operasional. Commuter Line, Level of Service, Cross Capacity, Operational Performance.
Subjects: Bidang Keilmuan > Teknik Sipil
Skripsi
Divisions: Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan > S1 Teknik SIpil
Depositing User: Sudarman
Date Deposited: 11 Sep 2025 04:51
Last Modified: 11 Sep 2025 04:51
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/911

Actions (login required)

View Item
View Item