Panjaitan, Hapizin Yonani and Hastanto, Hastanto (2018) Perencanaan Wesel dan Perbaikan Geometri Jalan Rel Jalur Sudirman – Manggarai dan Jalur Badug Tenggulun Untuk Pemasangan Wesel Cross Over. Diploma thesis, ITPLN.
![[thumbnail of SKRIPSI HAPIZIN YONANI PANJAITAN.pdf]](https://repository.itpln.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI HAPIZIN YONANI PANJAITAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Stasiun Manggarai adalah stasiun pusat transit dari berbagai macam jenis kereta api yang lewat. Berdasarkan Grafik Perjalanan Kereta Api di stasiun manggarai terdapat ± 800 kereta yang melewati stasiun ini setiap hari sehingga sering tertahannya beberapa kereta ketika ingin melewati stasiun tersebut termasuk kereta yang akan dilakukan perbaikan dan pengecekan akan di bawa ke Balai Yasa Manggarai, dimana untuk memudahkan akses kereta dari arah jalur Sudirman ke Balai Yasa maka di Sta 9+200 s/d Sta 9+500 jalur Sudirman – Manggarai dan Sta 5+425 s/d 5+650 jalur Badug Tenggulun dilakukan perencanaan geometri jalan rel kereta hal ini dikarenakan untuk pemasangan Wesel Cross Over. Maka dari itu perlu mengetahui kapasitas lintas dan frekuensi kereta pada jalur tersebut, serta berat tonasenya yang bertujuan untuk menghitung perencanaan wesel dan geometri jalan rel pada jalur tersebut. Dimana hasil dari penelitian untuk perencaan wesel panjang lidah = 10,5 m, panjang jarum = 4,204 m, panjang wesel 50,064 m, untuk geometri Jalur Sudirman – Manggarai daya angkut lintasnya sebesar 15.887.916 ton/tahun dengan kelas jalan II, Vrencana = 80 km/jam, Ls = 86 m, Lc = 482,803 m, L = 600,803, Landai penentu 10‰, Landai Curam = 0 - 1.5‰, Rmin lengkung vertikal = 6000 m, untuk geometri Jalur Badug Tenggulun daya angkut lintasnya sebesar 910.008 ton/tahun dengan kelas jalan V, Vrencana = 60 km/jam, Ls = 64 m, Lc = 230,16 m, L = 358,136, Landai penentu 25‰, Landai Curam = 0 - 1.5‰, Rmin lengkung vertikal = 6000 m
Manggarai Station is a transit center station of various types of passing trains. According to Bagan Kereta Api at Manggarai Station there are ± 800 trains passing through this station every day so trains that often stop when they want to pass through the station including trains that will be repaired and inspected will be taken to Manggarai Yasa Hall, where to facilitate train access from direction of the Sudirman line to Balai Yasa then at Station 9 + 200 to Station 9 + 500 lines of Sudirman - Manggarai and Station 5 + 425 to 5 + 650 Line Tenguulun Badug, do planing for switch line and geometry of railroad tracks for installation of Cross Over Wesel. Therefore, it is necessary to know the crossing capacity and frequency of the train on the track, as well as the tonnage weight which aims to calculate the aircraft design and the geometry of the train in the path. Where the results of the study for preparation of tongue length = 10.5 m, needle length = 4.204 m, switch line = 50.064 m, for geometry Sudirman Line - Manggarai transport capacity is 15.887.916 tons / year with class II road, Vplaning = 80 km / hour, Ls = 86 m, Lc = 482.803 m, L = 600.803, Slope determinant 10 ‰, Slope Slope = 0 - 1.5 ‰, Rmin vertical curved = 6000 m, for Geometry Badug Tenggulun Line the crossing capacity is 910.008 tons / year with class V road, Vplaning = 60 km / h, Ls = 64 m, Lc = 230.16 m, L = 358,136, Slope determinant 25 ‰, Slope Slope = 0 - 1,5 ‰, Rmin vertical curved = 6000 m
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman, Balai Yasa Mangarai, Perencanaan Wesel, Geometri Jalan Rel Kereta Api Manggarai Station, Sudirman Station, Manggarai Yasa Hall, Switch Line Planning, Road Train Geometry |
Subjects: | Bidang Keilmuan > Teknik Sipil Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan > S1 Teknik SIpil |
Depositing User: | Sudarman |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 06:57 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 06:57 |
URI: | https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/923 |