ANALISIS KARAKTERISTIK PENUMPANG KERETA EKSPRES YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI BERBASIS REL MENUJU BANDARA INTERNASIONAL SOEKARNO – HATTA

Sahid, Rio Kusuma and Artiani, Gita Puspa (2019) ANALISIS KARAKTERISTIK PENUMPANG KERETA EKSPRES YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI BERBASIS REL MENUJU BANDARA INTERNASIONAL SOEKARNO – HATTA. Diploma thesis, ITPLN.

[thumbnail of SKRIPSI FULL ALHAMDULILLAH.pdf] Text
SKRIPSI FULL ALHAMDULILLAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu bandara utama yang tersibuk di Indonesia adalah Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Dalam rangka mendukung terciptanya angkutan menuju bandar udara tersebut, perlu dilakukan analisis karakteristik okupansi kerata ekpres yang mempengaruhi pemilihan moda transportasi berbasis rel dengan menggunakan metode yang dapat menggambarkan karakteristik/preferensi para pengguna moda sehingga dapat diketahui kriteria yang dapat menarik pengguna moda transportasi non rel untuk beralih menggunakan kereta api bandara. Pemilihan moda merupakan salah satu model yang digunakan dalam perencanaan transportasi, hal ini dikarenakan peran kunci dari angkutan umum dalam upaya meningkatkan perbaikan dan peningkatan pelayanan dari moda transportasi. Studi preferensi terhadap responden dilakukan melalui survey primer (kuisioner survey dan interview) pada okupansi kerata ekspres bandara Internasional Soekarno – Hatta dengan sampel sebanyak 100 responden. Analisa model pemilihan moda menggunakan analisis pembobotan dengan bantuan program Microsoft Excel 2007. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan moda yang paling dominan terlihat pada Variabel (X5) yaitu dengan mengguanakan KA bandara kemacetan dapat dihindari dengan bobot 92,8%, variable (X10) yaitu fasilitas KA bandara lebih unggul dibandingkan moda transportasi non rel. sebesar 90,6%, dan variable (X3) yaitu waktu yang ditempuh dengan KA bandara lebih cepat. sebesar 88.2%.

One of the busiest major airports in Indonesia is Soekarno-Hatta International Airport. In order to support the creation of transportation to the airport, it is necessary to analyze the characteristics of the expression train that affect the selection of rail-based transportation modes by using methods that can describe the characteristics / preferences of users of modes so that it can be identified criteria that can attract users of non-rail transportation modes to switch use the airport train. Mode selection is one of the models used in transportation planning, this is due to the key role of public transportation in efforts to improve the improvement and improvement of services from transportation modes. The preference study of respondents was conducted through a primary survey (survey questionnaire and interview) on the occupancy of the express train of Soekarno-Hatta International Airport with a sample of 100 respondents. Mode selection analysis using weighting analysis with the help of Microsoft Excel 2007. The results of the study show that the factors that influence the most dominant mode selection are seen in Variable (X5), namely by using airport train congestion can be avoided with a weight of 92.8%, variable (X10), namely airport train facilities are superior to non-rail transportation modes. by 90.6%, and variable (X3), namely the time taken by airport trains is faster. of 88.2%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Karakteristi okupansi, pemilihan moda, transportasi berbasis rel. Occupancy Characteristics, Mode Selection, Rail-based Transportation
Subjects: Bidang Keilmuan > Teknik Sipil
Skripsi
Divisions: Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan > S1 Teknik SIpil
Depositing User: Sudarman
Date Deposited: 11 Sep 2025 07:34
Last Modified: 11 Sep 2025 07:34
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/933

Actions (login required)

View Item
View Item