KLASIFIKASI PERTANYAAN MENGGUNAKAN METODE RECURRENT NEURAL NETWORK (RNN) PADA CHATBOT E JURNAL IT-PLN

JUMARI, JUMARI and Palupiningsih, Pritasari and Haris, Abdul (2021) KLASIFIKASI PERTANYAAN MENGGUNAKAN METODE RECURRENT NEURAL NETWORK (RNN) PADA CHATBOT E JURNAL IT-PLN. Diploma thesis, ITPLN.

[thumbnail of 201731378_Jumari_Revisi_Skripsi_JUMARI.pdf] Text
201731378_Jumari_Revisi_Skripsi_JUMARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Jurnal ilmiah di Institut Teknologi PLN (IT-PLN) Jakarta diterbitkan dalam bentuk jurnal elektronik atau e-journal dengan tujuan agar dapat diakses oleh lebih banyak orang. dalam pelaksanaannya terdapat beberapa kendala yang sering dihadapi seperti sulitnya komunikasi antara penulis jurnal dengan pihak pengelola jurnal. Permasalahan lainnya pengelola e-journal menemukan adanya pertanyaan berulang dan pertanyaan serupa dengan redaksi yang berbeda yang memiliki jawaban yang sama ditanyakan oleh penulis jurnal maupun pengunjung e-journal kepada pengelola sehingga membuat hal ini dirasa kurang efisien. Untuk menanggulangi permasalahan yang terjadi diperlukan chatbot yang dapat menjawab pertanyaan secara otomatis. Chatbot yang merupakan salah satu bentuk implementasi dari Natural Language Processing (NLP) memerlukan algoritma agar dapat berfungsi secara optimal. Recurrent Neural Network (RNN) merupakan arsitektur deep learning yang popular serta sangat menjanjikan untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang terkait dengan NLP. RNN tidak dapat memproses data teks secara langsung, oleh sebab itu agar RNN dapat memproses data berupa teks maka perlu dilakukan praproses teks yang meliputi case folding, tokenizing, filtering serta stemming dan dilanjutkan dengan vektorisasi. Metode RNN yang akan diimplementasikan pada chatbot dapat menjawab pertanyaan dengan nilai hasil pengujian accuracy sebesar 93,3%.

Scientific journals at the PLN Institute of Technology (IT-PLN) Jakarta are published in the form of electronic journals or e-journals with the aim of making them accessible to more people. In practice, there are several obstacles that are often faced, such as the difficulty of communication between the journal writer and the journal manager. Another problem is that the e-journal manager finds that there are repeated questions and similar questions with different editors who have the same answer asked by journal writers and e-journal visitors to the manager, making this less efficient. To overcome the problems that occur, a chatbot is needed that can answer questions automatically. Chatbot which is one form of implementation of Natural Language Processing (NLP) requires an algorithm to function optimally. Recurrent Neural Network (RNN) is a popular deep learning architecture and very promising to solve various problems related to NLP. RNN cannot process text data directly, therefore in order for RNN to process data in the form of text, it is necessary to preprocess text which includes case folding, tokenizing, filtering and stemming and continued with vectorization. The RNN method that will be implemented on the chatbot can answer questions with an accuracy test result value of 93.3%

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: e-journal, chatbot, RNN, praproses teks e-journal, chatbot, RNN, text preprocessing
Subjects: Skripsi
Bidang Keilmuan > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Nurul Hidayati
Date Deposited: 11 Sep 2025 08:47
Last Modified: 11 Sep 2025 08:47
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/947

Actions (login required)

View Item
View Item