PERANCANGAN ULANG TEBAL PERKERASAN KAKU DENGAN METODE NATIONAL ASSOCIATION OF AUSTRALIAN STATE ROAD AUTHORITIES (NAASRA) PADA JALAN TOL MEDAN-KUALANAMU-TEBING TINGGI SEKSI 4A MEDAN, SUMATERA UTARA

Manurung, Cecilia Tabita Romaito and Handayasari, Indah (2017) PERANCANGAN ULANG TEBAL PERKERASAN KAKU DENGAN METODE NATIONAL ASSOCIATION OF AUSTRALIAN STATE ROAD AUTHORITIES (NAASRA) PADA JALAN TOL MEDAN-KUALANAMU-TEBING TINGGI SEKSI 4A MEDAN, SUMATERA UTARA. Diploma thesis, ITPLN.

[thumbnail of LAPORAN FULL DARI AWAL SAMPAI AKHIR.pdf] Text
LAPORAN FULL DARI AWAL SAMPAI AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkerasan kaku merupakan salah satu jenis perkerasan yang menggunakan semen (portland cement) sebagai bahan pengikat. Dalam pembangunan jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,8 km, jenis perkerasan yang digunakan adalah perkerasan kaku. Hasil perancangan tebal perkerasan kaku dengan menggunakan metode AASHTO 1993 pada jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi adalah sebesar 27 cm. Dengan total bentang yang cukup panjang dan lapisan perkerasan yang cukup tebal, dibutuhkan biaya awal material konstruksi yang cukup besar. Pada penelitian ini, tebal perkerasan kaku akan dirancang ulang dengan menggunakan metode NAASRA. Berdasarkan perhitungan tebal perkerasan kaku dengan menggunakan metode NAASRA, diperoleh tebal perkerasan sebesar 24 cm. Dari perhitungan biaya awal material konstruksi perkerasan kaku dengan metode AASHTO membutuhkan anggaran sebesar Rp. 22,056,679,259.0 dan perkerasan kaku dengan metode NAASRA membutuhkan anggaran sebesar Rp. 20,529,196,467.0. Ditinjau dari hasil perhitungan biaya awal material konstruksi, perkerasan kaku dengan menggunakan metode NAASRA lebih murah pada pembangunan jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi

Rigid pavement is one of the pavement that using portlad cement as the binder. In the construction of Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Toll Road along 61.8 km, the type of pavement that used is rigid pavement. The design result of the thick of rigid pavement by using AASHTO 1993 method in Medan Kualanamu-Tebing Tinggi Toll Road is 27 cm. With a long enough and thick enough layer of pavement, a considerable initial cost of construction material is required. In this research, the thick of rigid pavement will be redesign by using NAASRA method. Based on the calculations of the thick of rigid pavement with NAASRA method, obtained the thick of pavement 24 cm. From the calculations of the initial cost of rigid pavement construction material with AASHTO 1993 method requires Rp. 22,056,679,259.0 and rigid pavement with NAASRA method requires Rp. 20,529,196,467.0. Based on the calculations of the initial cost of construction material, rigid pavement by using NAASRA method is cheaper in the construction of Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Toll Road.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perkerasan kaku, Metode AASHTO 1993, Metode NAASRA, Biaya Konstruksi Rigid Pavement, AASHTO 1993 Method, NAASRA Method, Construction Costs
Subjects: Bidang Keilmuan > Teknik Sipil
Skripsi
Divisions: Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan > S1 Teknik SIpil
Depositing User: Sudarman
Date Deposited: 12 Sep 2025 07:30
Last Modified: 12 Sep 2025 07:30
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/995

Actions (login required)

View Item
View Item