STABILISASI TANAH MENGGUNAKAN SEMEN SEBAGAI PERKUATAN LAPISAN TANAH DASAR PADA PROYEK OVERPASS SEDYATMO RAWA BOKOR TANGERANG BANTEN

NOVRIANI, SHINTA and Handayasari, Indah (2017) STABILISASI TANAH MENGGUNAKAN SEMEN SEBAGAI PERKUATAN LAPISAN TANAH DASAR PADA PROYEK OVERPASS SEDYATMO RAWA BOKOR TANGERANG BANTEN. Diploma thesis, ITPLN.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of 2. Lembar pengesahan.pdf] Text
2. Lembar pengesahan.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 3. BAB I SKRIPSI SHINTA.pdf] Text
3. BAB I SKRIPSI SHINTA.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 4. BAB 2 SKRIPSI SHINTA.pdf] Text
4. BAB 2 SKRIPSI SHINTA.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of 5. BAB 3SKRIPSI  SHINTA.pdf] Text
5. BAB 3SKRIPSI SHINTA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[thumbnail of 6. BAB 4 SKRIPSI SHINTA.pdf] Text
6. BAB 4 SKRIPSI SHINTA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[thumbnail of 7. BAB 5 SKRIPSI SHINTA.pdf] Text
7. BAB 5 SKRIPSI SHINTA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of Lampiran Dokumentasi.pdf] Text
Lampiran Dokumentasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tanah yang terdapat pada proyek pembangunan Overpass Sedyatmo Rawa Bokor merupakan tanah lempung yang tidak bisa digunakan sebagai lapisan tanah dasar (subgrade) suatu jalan raya. Penggunaan metode stabilisasi dengan semen diharapkan dapat meningkatkan daya dukung tanah. Pada pengujian ini digunakan variasi kadar semen sebanyak 0%, 5%, 10%, 15% dan 20% dari berat kering tanah untuk dapat menentukan kadar semen sehingga memenuhi kriteria sebagai lapisan subgrade jalan. Dari hasil pengujian didapatkan kadar semen sebanyak 10% yaitu 6,6571% dengan lama waktu pemeraman 7 hari sehingga dapat memenuhi nilai daya dukung tanah yang sesuai dengan ketentuan Bina Marga yaitu lebih dari 6%.

Soil on Overpass Sedyatmo Rawa Bokor Tangerang Banten is a land which isn’t used as a highway subgrade. The used of methodes of stabilization with cement is expected to improve the quality of soil. In this test used variations of cement content of 0%, 5%, 10%, 15% and 20% of the dry of soil in order to determine the cement content in accordance that can be meet the criteria as subgrade layer of a road. From the test result, obtain as much 10% cement content with curing time 7 days CBR value 6,6571% that referce to Bina Marga term which is more than 6%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: tanah lempung, stabilisasi dengan semen, lapisan subgrade, daya dukung tanah. Clay, soil stabilization of cement, subgrade, california bearing ratio
Subjects: Bidang Keilmuan > Teknik Sipil
Skripsi
Divisions: Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan > S1 Teknik SIpil
Depositing User: Sudarman
Date Deposited: 12 Sep 2025 09:29
Last Modified: 12 Sep 2025 09:29
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/1014

Actions (login required)

View Item
View Item